11 Cara Menghilangkan Ketombe Gatal Secara Alami

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Kulit kepala gatal lantaran ketombe tak jarang membikin penderitanya merasa tidak nyaman. Bentuk ketombe nan seperti serpihan putih pun bisa mengganggu penampilan. Apalagi jika sudah tersebar di kepala dan rontok sampai ke baju.

Untungnya, ada sejumlah langkah nan bisa dilakukan untuk bantu mengatasi ketombe. Di antaranya menggunakan bahan alami dan menerapkan pola hidup sehat. Simak langkah menghilangkan ketombe secara alami pada uraian di bawah ini.

Penyebab Ketombe di Kepala

Dilansir Medical News Today, ketombe merupakan kondisi nan mempengaruhi kulit kepala. Ini ditandai dengan kulit kepala nan mengelupas sehingga muncul serpihan putih kekuningan alias abu-abu nan terasa gatal. Hal ini disebabkan pergantian sel kulit kepala nan cepat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketombe termasuk kondisi nan umum dialami banyak orang. Disebutkan nyaris 50 persen populasi dunia pernah mengalami ketombe setidaknya sekali dalam hidup.

Adapun ketombe dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, meliputi: kulit kepala nan kering, reaksi terhadap produk rambut nan digunakan, dermatitis seboroik, kondisi kulit seperti eksim alias psoriasis, serta pertumbuhan jamur Malassezia.

Jenis-jenis Ketombe

Ketombe rupanya ada beberapa jenisnya. Simak penjelasan macam-macam ketombe dikutip dari Verywell Health.

1. Ketombe Terkait Kulit Kering

Ketombe jenis ini umum terjadi pada musim dingin lantaran cuaca dingin dan ruangan nan menggunakan pemanas dapat mengeringkan kulit, termasuk kulit kepala. Keramas dengan air panas dan produk rambut nan menghilangkan terlalu banyak minyak dari kulit kepala juga jadi penyebab kulit kering.

Ketika kulit kepala kering, iritasi dan pengelupasan sel kulit dapat terjadi. Inilah nan menyebabkan serpihan ketombe.

2. Ketombe Terkait Kulit Berminyak dan Jamur

Sebum alias minyak nan diproduksi berlebih oleh folikel rambut dapat menumpuk di kulit kepala. Hasilnya, sebum menggumpal berbareng sel kulit meninggal di kepala. Ini nan bisa membentuk serpihan ketombe gatal, berminyak, dan berwarna kekuningan.

Ketika terdapat kelebihan sebum juga, tanaman alami kulit nan disebut Malassezia dapat berkembang biak. Karena sejenis jamur ragi ini tumbuh di dalam sebum kemudian menghasilkan produk nan menyebabkan sel kulit menggumpal sehingga membentuk serpihan ketombe.

3. Ketombe Terkait Penyakit

Kondisi kulit seperti dermatitis seboroik, eksim, dan psoriasis juga dapat memunculkan ketombe. Ini lantaran sejumlah penyakit tersebut menyebabkan pengelupasan kulit kepala.

Ketombe nan diakibatkan oleh kondisi kulit tersebut mesti didiagnosis dan diobati oleh master alias penyedia jasa kesehatan lain.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Ketombe dapat diatasi dengan penggunaan bahan alami tertentu dan menerapkan style hidup sehat. Simak penjelasan berikut nan dikutip dari Healthline.

1. Mengoleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi ketombe. Minyak ini mengandung senyawa nan terbukti mempunyai sifat antimikroba.

Dengan itu, minyak kelapa bisa bantu meningkatkan hidrasi, mengurangi iritasi, serta mencegah kekeringan dan pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Untuk menggunakannya, oleskan minyak kelapa langsung ke kulit kepala sembari dipijat-pijat. Setelahnya bisa keramas dengan sampo berbahan alami.

2. Campuran Cuka Apel

Keasaman cuka apel dipercaya dapat bantu merangsang pelepasan sel kulit meninggal di kulit kepala. Disebutkan juga, cuka ini berkarakter antijamur dan bisa menyeimbangkan pH kulit sehingga mengurangi pertumbuhan jamur serta mencegah ketombe.

Kalau mau memakai bahan satu ini, tambahkan cuka sari apel ke dalam sampo lampau gunakan saat keramas. Atau bisa juga dengan mencampurkan cuka apel dan beberapa tetes minyak esensial untuk disemprotkan langsung ke kulit kepala.

3. Campuran Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh alias tea tree oil nan berasal dari tanaman Melaleuca alternifolia telah dikenal sebagai obat untuk kondisi kulit seperti jerawat, dermatitis, dan psoriasis.

Minyak ini mengandung senyawa nan disebut terpinen-4-ol nan berkarakter antimikroba kuat. Karena itu, minyak pohon teh dapat digunakan untuk mengurangi ketombe dengan menekan pertumbuhan jamur dan kuman di kulit kepala.

Jangan mengoleskan langsung tea tree oil ke kulit kepala lantaran bisa menyebabkan peradangan. Sebaiknya tambahkan beberapa tetes minyak ini ke dalam sampo. Atau campurkan beberapa tetesnya ke minyak pembawa seperti jojoba oil alias minyak kelapa sebelum mengaplikasikannya langsung ke kulit kepala.

4. Oleskan Aloe Vera

Tanaman lidah buaya alias aloe vera mempunyai sifat antibakteri dan antijamur. Selain itu, terkandung pula senyawa bioaktif seperti masam amino dan antioksidan nan dapat mengurangi ketombe.

Untuk menggunakannya, aloe vera bisa dijadikan gel nan dapat dioleskan langsung pada kulit kepala.

5. Campuran Minyak Serai

Minyak serai alias sereh berkarakter antimikroba dan antiinflamasi nan dapat bantu mengurangi indikasi ketombe.

Sama seperti tea tree oil, minyak serai bisa menyebabkan iritasi alias reaksi alergi jika dioleskan langsung ke kulit kepala. Karena itu, encerkan minyak serai dengan air alias campurkan beberapa tetesnya ke dalam sampo untuk digunakan.

6. Konsumsi Makanan Mengandung Omega-3

Selain memainkan peran krusial untuk tubuh, omega-3 bagus juga untuk menjaga kesehatan kulit dengan mengatur produksi sebum, meningkatkan hidrasi, serta pengobatan luka. Asam lemak ini juga dapat bantu mengurangi peradangan.

Makanan nan kaya omega-3, antara lain ikan salmon, mackerel, biji chia, dan kacang kenari. Namun jika mengkonsumsi terlalu banyak masam lemak ini dapat menyebabkan ruam bersisik dan gatal.

7. Konsumsi Probiotik

Probiotik merupakan kuman baik nan berfaedah bagi kesehatan, antara lain perlindungan alergi, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan menurunkan berat badan.

Probiotik juga dapat meningkatkan kegunaan kekebalan tubuh nan bisa bantu melawan jangkitan jamur penyebab ketombe. Di samping itu, probiotik dapat bantu mengobati dan mencegah kondisi kulit seperti eksim dan dermatitis atopik.

Makanan nan mengandung probiotik seperti tempe, tapai singkong, acar, yoghurt, kimchi, serta natto.

8. Soda Kue

Soda kue dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Bahan ini bertindak sebagai eksfolian lembut nan bantu mengangkat sel kulit meninggal serta mengurangi kerak dan gatal. Soda kue juga mempunyai sifat antijamur nan dapat bantu melawan jamur penyebab ketombe.

Namun jika bahan ini digunakan terlalu sering bisa merusak kulit kepala lantaran tingkat pH nan sangat tinggi. Soda kue juga dapat menghilangkan sebum alami rambut sehingga bisa mengakibatkan iritasi.

9. Hindari Makanan Tertentu

Makanan nan dikonsumsi dapat memberi akibat besar bagi tubuh. Walau bukan penyebab utama ketombe, makanan tertentu bisa memperburuk gejalanya.

Beberapa makanan nan dapat dihindari, mencakup karbohidrat olahan seperti roti, pasta, dan biskuit, makanan nan diproses, gorengan, serta makanan dan minuman manis.

10. Hindari Produk Rambut Tertentu

Jika mengalami ketombe, sebaiknya hindari dan batasi penggunaan produk rambut tertentu. Seperti pewarna rambut lantaran dapat mengiritasi kulit kepala serta meninggalkan minyak dan bahan kimia di kulit kepala nan bisa meningkatkan akibat munculnya ketombe.

11. Kelola Stres

Stres diyakini mempengaruhi kesehatan secara menyeluruh. Meski tidak langsung menyebabkan masalah kulit, tapi stres dapat memperburuk dan memicu munculnya kondisi kulit tertentu. Seperti pada ketombe. Stres dapat memperburuk indikasi kekeringan dan rasa gatal nan dialami.

Nah, itu tadi sederet langkah menghilangkan ketombe secara alami nan dapat Anda lakukan jika mengalami ketombe.

Simak Video "Berdasarkan Riset, Self-Harm Banyak Dilakukan Saat Remaja "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)