27 Januari Hari Memompa ASI Sedunia, Begini Sejarah dan Tujuan Peringatannya

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Hari Memompa ASI Sedunia alias World Breast Pumping Day diperingati pada 27 Januari setiap tahun. Hari tersebut menjadi momen untuk merayakan para ibu dan salah satu hidayah terbesar nan bisa mereka berikan kepada sang buah hati, ialah air susu ibu (ASI).

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, ASI adalah makanan pertama dan pilihan terbaik bagi bayi pada awal kehidupan. ASI juga merupakan nutrisi ideal bagi bayi nan berkontribusi terhadap tumbuh kembangnya.

Sejarah Hari Memompa ASI Sedunia

Dikutip dari National Today, sejarah memompa ASI sendiri berasal sejak abad ke-19. Kala itu, memompa ASI adalah sebuah prosedur medis nan dilakukan untuk mengatasi kondisi puting tetek nan terbenam, serta untuk membantu bayi baru lahir nan terlalu mini alias lemah untuk menyusu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lalu pada 1991, perusahaan asal Swiss nan berjulukan Medela memperkenalkan perangkat pompa ASI elektrik portable pertama ke Amerika Serikat nan dirancang untuk penggunaan di luar kebutuhan rumah sakit.

Pada 2017, pendiri Snugabell sekaligus pembuat bra pompa ASI PumpEase, Wendy Armbruster, mencanangkan pendapat Hari Memompa ASI Sedunia. Hal ini dilakukan untuk menyemangati para ibu nan memompa ASI untuk berbahagia bangga atas pencapaian mereka.

Tujuan Peringatan Hari Memompa ASI Sedunia

Dikutip dari laman resmi Snugabell, Hari Memompa ASI Sedunia diperingati sebagai upaya untuk menghargai pilihan para ibu dalam menyusui buah hatinya, meskipun langkah mereka berbeda dari apa nan biasa dilakukan orang kebanyakan.

Ada banyak karena seorang ibu kudu memompa ASI, mulai dari kondisi medis, corak mulut bayi alias puting tetek nan menyulitkan aktivitas menyusui, trauma masa lalu, preferensi pribadi, dan tetap banyak lagi. Meski begitu, argumen tersebut tidak inferior meski dibandingkan dengan para ibu nan memilih untuk menyusui secara langsung.

Hari Memompa ASI Sedunia merupakan sebuah momen untuk merayakan dedikasi, kegigihan, dan kasih sayang nan ditunjukkan para orang tua dalam memberi makan si buah hati. Peringatan ini juga menjadi arena para ibu nan memompa ASI untuk saling berganti cerita, pengalaman, tips, serta memberikan support satu sama lain.

Simak Video "Pentingnya ASI Eksklusif untuk Cegah Pneumonia pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(ath/kna)