5 Ikan yang Sebaiknya Dihindari Pengidap Diabetes, Ini Daftarnya

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Orang dengan glukosuria disarankan untuk mengatur pola makan, termasuk porsi nan mereka konsumsi. Sebab, kondisi ini mengganggu keahlian seseorang memproses gula darah alias glukosa darah.

Pola makan sehat dan seimbang terbukti mengatasi indikasi glukosuria dan mengurangi kemungkinan komplikasi. Bukan hanya karbohidrat seperti pati dan gula nan perlu dibatasi, rupanya jenis makanan sebagai asupan protein untuk pasien glukosuria kudu dipilih.

Dikutip dari Fatty Crab, sejumlah ikan dilaporkan mempunyai kandungan tinggi merkuri nan bisa berakibat negatif pada sistem saraf. Bagi pasien glukosuria dengan kondisi kerusakan saraf, tentu berisiko.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Begitu juga dengan ikan nan tinggi natrium. Berikut jenis ikan nan sebaiknya dibatasi:

1. Ikan Kaleng

Makanan laut nan tinggi natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, suatu kondisi nan umum terjadi pada pengidap diabetes.

Mengonsumsi terlalu banyak natrium dapat memperburuk masalah ini, sehingga lebih susah untuk menangani kedua kondisi tersebut. Selain ikan kaleng, sejumlah jenis kerang tertentu, produk makanan laut olahan, mengandung banyak natrium, sehingga kurang baik untuk pola makan pasien diabetes.

2. Ikan King Mackerel

Ikan mackerel mempunyai kandungan merkuri nan tinggi. Ada akibat keracunan merkuri saat mengonsumsi.
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) melaporkan merkuri tinggi di ikan ini bisa rawan bagi otak juga sistem saraf.

3. Ikan Todak

Sama seperti king mackerel, ikan todak alias nan biasa dikenal swordfish mempunyai merkuri nan relatif tinggi. Kandungan merkuri pada ikan todak apalagi jauh lebih tinggi dari ikan lainnya.

FDA menyarankan pasien glukosuria untuk menghindari konsumsi ikan jenis ini. Ikan todak mempunyai karakter unik rahang atas dan moncong nan memanjang seperti pedang pipih, berukuran cukup besar dengan daging nan banyak.

4. Ikan Hiu

FDA menyebut daging ikan hiu juga mempunyai logam berbisa merkuri, kadarnya melebihi. dari pemisah aman. Kandungan ini tentu bisa memicu beragam penyakit seperti merusak sistem saraf pusat, menurunnya kegunaan otak, sampai penyakit kardiovaskular.

Di sisi lain, jenis ikan ini juga bisa saja membawa racun laut ciguatoksin nan seringnya berujung fatal.

5. Jenis tuna

Jenis tuna tertentu seperti tuna mata besar alias bigeye tuna perlu dibatasi konsumsinya lantaran mempunyai kandungan merkuri nan tinggi. Di sisi lain, menghindari terlalu sering konsumsi tuna bisa membantu mencegah asupan garam berlebih nan memicu resistensi insulin.

Simak Video "Peringatan Hari Diabetes Sedunia Besama Tropicana Slim"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)