5 Website Cek Profil Caleg Pemilu 2024 di Daerah Anda

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Masyarakat Indonesia bakal menentukan pilihan mereka dalam pemilu serentak 14 Februari 2024. Di sisa waktu ini, apakah sudah cukup info nan didapat mengenai siapa nan dipilih nanti?

Tentunya, menentukan pilihan kali ini bukan hanya sekadar mengandalkan emosi saja alias ikut-ikutan nan ramai. Berikut adalah daftar situs nan menyediakan info seputar pemilu.

1. Info Pemilu KPU

Laman infopemilu.kpu.go.id adalah situs resmi miliki Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada situs ini masyarakat bakal disuguhkan dengan penjelasan komplit tentang tahapan pemilu komplit dengan tanggalnya, mulai dari perencanaan program, anggaran, hingga pengucapan sumpah alias janji presiden dan wakil presiden saat dilantik nanti.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

infopemilu.kpu.go.id menyediakan info Daftar Pemilih Tetap (DPT), langkah ceknya sangat mudah. Tinggal masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) alias nomor paspor nan dimiliki.

Selain itu, situs ini juga memberikan beberapa info mengenai profil dari capres dan cawapres, caleg semua tingkatan, sampai profil personil DPD pun situs ini telah sediakan. Namun terdapat juga kekurangan dari situs salah satunya terkadang apa nan kita klik tidak sesuai dengan tujuan awalnya dan tak semua caleg mencantumkan profil mereka.

Contohnya caleg dari Partai Golkar Dapil Sulawesi Selatan II, Nurdin Wahid nan tak mencantumkan profilnya lantaran mantan narapidana kasus korupsi pengedaran minyak goreng di Bulog.

2. Goodkind

Dalam platform Goodkind visitor bisa memandang profil-profil caleg nan dialihkan, di situ pengguna bisa memandang profil para kandidat.

Di sini juga terdapat simulasi pemilu secara visual, kreasi website nan menyenangkan tak bakal membikin visitor situs menjadi bosan. nan jadi sorotan dalam situs ini ialah mempunyai fitur rekam jejak partai politik nan cukup lengkap, salah satunya merujuk ke rekam jejak kasus korupsi.

3. SiCaleg

Platform nan dikembangkan oleh Great Tech nan bekerja sama dengan konsultan politik ini mempunyai nama SiCaleg alias Sistem Informasi Pemenangan Calon Legislatif. SiCaleg datang dalam dua jenis ialah website dan aplikasi.

Di sini, caleg maupun para pendukungnya bisa memantau statistik pemenangan mereka. Hasil pantauan ini bisa membantu para caleg menyesuaikan jalan strategi mereka dalam menitik kemenangan dan meraup bunyi nan banyak.

Situs ini menyatakan telah banyak membantu caleg untuk mendapatkan bangku di Pemilihan Legislatif 2019. Kemudian, terdapat fitur seperti modul pendukung dan relawan (manajemen info pendukung dan relawan), scan KTP, bisa digunakan saat dalam keadaan offline, parameter progress pemenangana, info statistik, dan smart wilayah pemilihan (klasifikasi wilayah pemilihan).

4. JariUngu

JariUngu.com merupakan situs nan paling tua dibandingkan dengan beberapa situs di atas. Karena sejak 2009, situs ini telah lahir dalam pesta kerakyatan di Indonesia. Pada situs ini banyak mempublikasikan data-data seperti info personil parlemen terpilih Pemilu 2009, caleg di Pemilu 2014, 2019, dan pemilu sekarang.

Situs ini dikelola oleh PT Dua Radja Net (DRN), dan mereka menyebut info profil caleg nan diperoleh pihaknya berasal dari info nan dihimpun oleh KPU. Sementara, info untuk DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota diperoleh dari sumber nan beragam, salah satunya dari situs KPUD.

JariUngu.com bakal menampilkan profil caleg, caranya dengan menulis wilayah kabupaten/kota. Setelah itu maka bakal muncul daftar caleg beserta nomor urutnya, namun kekurangan dari situs ini di kualitas foto para caleg kurang jelas dan beberapa provinsi seperti ketika dicek calegnya tidak bisa diakses.

5. Bijak Memilih

Bijakmemilih.id menawarkan info profil kandidat Capres dan pasangan Cawapresnya. Tidak hanya itu, ada rangkuman debat nan juga bisa dipelajari lagi oleh para pemilih. Ada pula profil komplit partai politik, tokoh terkenal dan tokoh nan tersangkut korupsi.

Data-data dan info nan disajikan oleh Bijakmemilih.id merupakan hasil dari rangkuman dari beragam sumber nan terpercaya. Mereka mempunyai info tentang rekam jejak korupsi dari info milik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), database Indonesia Corruption Watch (ICW), dan riset-riset sekunder melalui kana-kanal pemberitaan dan info publik.

Mereka juga mempunyai fitur nan menarik ialah edukasi tentang pencoblos di tanggal 14 Februari, nan bikin menarik adalah visual nan disuguhkannya. Kemudian, Bijakmemilih.id juga punya fitur kuis nan bisa membantu pemilih untuk bijak dalam memilih.

Simak Video "Pemilu Makin Dekat, Jokowi Kembali Ingatkan ASN, TNI, Polri Harus Netral"
[Gambas:Video 20detik]

(fay/fay)