7 Obat Tradisional untuk Asam Urat dan Kolesterol yang Mudah Didapat

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Penyakit masam urat dan kolesterol tinggi merupakan dua kondisi nan kerap dialami oleh banyak orang di Indonesia. Selain bisa diatasi dengan obat-obatan modern, ada juga obat tradisional untuk masam urat dan kolesterol nan bisa membantu meredakan dan mengatasi gejala.

Asam urat (uric acid) adalah senyawa nan dihasilkan tubuh ketika memproses purin. Jika kadarnya terlalu tinggi, dapat menyebabkan penumpukan dan memicu peradangan sendi nan disebut juga dengan gout alias penyakit masam urat.

Sementara itu, kolesterol tinggi adalah kondisi ketika jumlah total kolesterol dan kolesterol LDL (low-density lipoprotein) melampaui pemisah normal. Kolesterol LDL adalah jenis kolesterol nan dapat memicu terjadinya penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah. Kolesterol LDL adalah kebalikan dari kolesterol HDL (high-density lipoprotein) nan justru membantu membersihkan pembuluh darah dari lemak dan mencegah akibat penumpukan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gout dan kolesterol merupakan dua kondisi nan saling berkaitan. Sejumlah penelitian menyebut masam urat tinggi dapat meningkatkan jumlah kolesterol LDL. Karenanya, orang nan menderita gout juga rentan mengalami kolesterol tinggi.

Asam urat dan kolesterol tinggi dapat diatasi dengan beragam cara. Salah satunya dengan mengonsumsi obat tradisional untuk masam urat dan kolesterol. Kebanyakan dari obat tradisional tersebut juga dapat didapat dengan mudah sehari-hari.

Dikutip dari beragam sumber, berikut obat tradisional untuk masam urat dan kolesterol nan bisa dikonsumsi.

1. Bawang putih

Bawang putih tak hanya menjadi ramuan masakan, tapi juga obat tradisional untuk mengatasi sejumlah penyakit, termasuk masam urat dan kolesterol.

Bawang putih mengandung mineral, masam amino, dan antioksidan nan baik untuk kesehatan. Sebuah studi mengungkapkan mengonsumsi satu siung bawang putih setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 10 persen.

Tak hanya itu, bawang putih juga dapat membantu menghilangkan kelebihan masam urat dalam tubuh. Kandungan antioksidannya juga bisa mengatasi peradangan sehingga meredakan indikasi gout.

2. Jahe

Jahe merupakan bahan alami nan turun temurun digunakan sebagai obat tradisional untuk beragam macam penyakit.

Jahe mengandung antioksidan tinggi nan dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh. Kandungan antioksidan itulah nan membikin jahe dapat dikonsumsi sebagai obat tradisional untuk mengatasi masam urat dan meredakan indikasi gout.

Di sisi lain, sebuah studi juga menyebut jahe dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kolesterol HDL dalam tubuh.

3. Kunyit

Sama seperti bawang putih dan jahe, kunyit mengandung antioksidan tinggi nan bisa meredakan peradangan, termasuk nan disebabkan oleh masam urat.

Kunyit juga mengandung unsur curcumin nan dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL dalam tubuh. Curcumin juga dapat mencegah terjadinya oksidasi kolesterol, ialah proses menempelnya kolesterol pada pembuluh darah sehingga membentuk plak.

4. Timun

Timun mengandung unsur berjulukan sterol nan dapat mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Selain itu, kandungan kalium (potasium) dan fosforus nan ada pada timun dapat membantu menurunkan masam urat dalam darah.

5. Buah ceri

Ceri merupakan salah satu buah nan kaya bakal antioksidan dan unsur antiperadangan. Sehingga, buah ini cocok dikonsumsi sebagai obat tradisional untuk mengatasi kolesterol.

Tak hanya itu, buah ceri juga bisa membantu menurunkan kadar masam urat dalam tubuh. Sebuah studi menyebut mengonsumsi setidaknya 10 buah ceri setiap hari dapat mengurangi akibat gout hingga 35 persen.

6. Lemon

Lemon juga menjadi salah satu buah nan dapat membantu menurunkan masam urat dan mengurangi akibat gout. Sebuah studi nan dilakukan pada 2015 mengungkapkan orang nan mengonsumsi saribuah lemon selama 6 minggu mengalami penurunan kadar masam urat signifikan.

Lemon juga mempunyai kandungan senyawa berjulukan hesperidin dan diosmin. Kedua unsur tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

7. Nanas

Nanas mempunyai banyak faedah untuk pengidap gout dan kolesterol. Nanas kaya bakal vitamin C nan berkedudukan krusial dalam menurunkan kadar masam urat dan mencegah terjadinya gout.

Selain itu, nanas mengandung antioksidan dan bromelain nan tak hanya menurunkan kolesterol LDL, tapi juga bisa menghancurkan kolesterol nan menumpuk di pembuluh arteri.

Simak Video "Mitos alias Fakta: Banyak Makan Kuning Telur Bikin Kolesterol Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(ath/naf)