Bisakah WiFi Lihat History Pencarian Pengguna?

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Di kota-kota besar, penggunaan WiFi di rumah, kantor, hingga sekolah, sudah menjadi perihal nan umum. nan jadi menarik, banyak nan penasaran, apakah bisa memandang history pencarian pengguna dari WiFi?

Melansir ProtonVPN, siapapun nan punya akses ke router secara langsung (biasanya pemiliknya tapi mungkin juga hacker penyusup) bisa memandang riwayat browsing. Adapun perihal nan bisa dilihat selain browsing history adalah seberapa lama pengguna mengunjungi website tersebut, waktu persisnya pengguna terkoneksi dengan website, total waktu online, hingga alamat perangkat.

Tapi, mesin pencari seperti Google, Bing, dan DuckDuckGo diamankan dengan HTTPS. Jadi, meskipun pemilik WiFi dapat memandang bahwa Anda telah mengunjungi mesin pencari tersebut, mereka tidak dapat memandang apa nan Anda cari ketika berada di sana. Kendati demikian, jika Anda klik link dari pencarian di mesin pencari, tautan itu bisa dilihat pemilik WiFi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bagaimana dengan pencarian internet di kantor, sekolah, alias kampus? Apakah bisa mereka mempunyai kontrol terhadap penggunaan internet kita?

"Banyak organisasi bakal menggunakan filter nan secara aktif menandai dan mengidentifikasi pengguna nan mencoba mengakses konten nan ilegal, tidak bermoral, alias nan mungkin menimbulkan kekhawatiran. Misalnya, banyak sekolah dan universitas bakal memperingatkan pengurus jika siswa mencoba mengakses situs web nan berangkaian dengan bunuh diri alias penggunaan narkoba," jelas ProtonVPN.

Pertanyaan selanjutnya adalah gimana cara membikin pemilik WiFi tidak bisa memandang riwayat internet? Caranya simpel, pakai saja VPN.

Virtual Private Network (VPN) mengenkripsi semua info (termasuk kueri DNS) antara perangkat dan server VPN nan dijalankan oleh layanan. Hal ini mencegah pemilik WiFi, peretas, penyedia jasa internet (ISP), penyedia internet seluler, alias siapa pun untuk dapat mengakses data.

Dapat disimpulkan, pemilik WiFi bisa memandang website mana saja nan sudah dikunjungi oleh pengguna. Namun, tapi apa nan Anda cari di mesin pencari seperti Google tidak bakal diketahui.

Simak Video "Lupa Password WiFi Sendiri? Berikut Caranya..."
[Gambas:Video 20detik]

(ask/fay)