Bocah 13 Tahun Jadi Pasien Pertama Dunia yang Sembuh dari Kanker Otak Mematikan

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Jakarta -

Seorang anak laki-laki asal Belgia menjadi pasien pertama di bumi nan sukses sembuh dari kanker otak. Bocah berjulukan Lucas itu sakit sejak usianya 6 tahun.

Dokter sekaligus kepala program tumor otak, Jacques Grill, di pusat kanker Gustave Roussy di Paris, Prancis, mengatakan Lucas kudu pergi dari Belgia ke Prancis untuk mendapatkan pengobatan.

"Lucas mengalahkan segala rintangan untuk memperkuat hidup," kata Grill nan dikutip dari Science Alert, Rabu (14/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selama tujuh tahun, Lucas berjuang melawan penyakit glioma batang otak. Menurut para mahir nan merawatnya, itu adalah jenis kanker nan sangat mematikan.

Kondisi nan mempunyai nama Diffuse Intrinsic Pontine Glioma (DIPG) ini didiagnosis setiap tahun pada sekitar 300 anak di Amerika Serikat. Sementara di Prancis, ditemukan pada sekitar 100 anak.

Namun, prospek anak-anak nan menderita tumor DIPG tetap kurang baik, apalagi sebagian besar tidak dapat memperkuat hidup lebih dari satu tahun setelah diagnosis. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan hanya 10 persen nan tetap hidup setelah dua tahun.

Radioterapi terkadang dapat memperlambat perkembangan tumor agresif, namun belum ada obat nan terbukti efektif melawannya.

Masa Pengobatan

Lucas menjadi pasien pertama di bumi nan bisa sembuh dari kondisi itu. Ia juga orang pertama nan mengikuti uji coba BIOMEDE, nan menguji potensi obat baru untuk DIPG.

Sejak awal, Lucas memberikan respons nan kuat terhadap obat kanker everolimus, nan diberikan secara random kepadanya.

"Melalui serangkaian pemindaian MRI, saya memandang tumornya betul-betul hilang," ungkap Grill.

Simak Video "Marcella Zalianty Ceritakan Kondisi Putranya Seusai Didiagnosa Tumor Otak"
[Gambas:Video 20detik]