Butuh Waktu Berapa Lama Jalan Kaki untuk Singkirkan Lemak di Perut?

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Lemak perut nan membandel terkadang menjadi hambatan besar dalam proses penurunan berat badan. Selain mengganggu penampilan, lemak berlebih di perut juga berisiko menyebabkan penyakit fatal lantaran lemak berlebih ada di sekitar organ dalam.

Tak hanya mengubah pola makan, aktivitas bentuk juga krusial dalam proses penurunan berat badan. Tidak banyak nan sadar rupanya aktivitas sesederhana jalan kaki simpan faedah besar untuk melenyapkan lemak perut nan membandel.

Salah satu langkah nan efektif untuk mengecilkan perut buncit adalah rutin melakukan olahraga aerobik alias kardio. Jalan kaki merupakan salah satunya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian mini mengungkap wanita pengidap obesitas nan melangkah kaki selama 50-70 menit tiga kali seminggu selama 12 pekan rata-rata mengalami penurunan lingkar pinggang dan lemak tubuh.

Lemak di bawah kulit (subkutan) dan lemak dalam rongga perut (visceral) berkurang secara signifikan pada golongan nan berolahraga dibandingkan dengan golongan kontrol.

Studi lain juga mengungkapkan perihal serupa. Peneliti menemukan orang nan menjalani diet terkontrol kalori dan melangkah kaki selama satu jam lima kali seminggu selama 12 pekan, bisa mengurangi lingkar pinggang dan lemak tubuh dibandingkan orang nan diet saja.

Tidak hanya membantu mengurangi lemak di perut, jalan kaki juga baik untuk membantu membakar kalori. Orang nan secara aktif melakukan aktivitas bentuk membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan mereka nan tidak bergerak.

Sebuah penelitian lain mengukur jumlah kalori nan dibakar orang-orang dengan tingkat kebugaran rata-rata setelah melangkah sigap 5 km/jam alias berlari 9,5 km/jam sejauh satu mil (1,6 km).

Hasil penelitian menunjukkan mereka nan melangkah sigap membakar kalori sekitar 90 kalori setiap satu 1,6 km. Meskipun lari membakar lebih banyak kalori secara signifikan, rata-rata hanya membakar 23 kalori lebih banyak setiap satu 1,6 km.

Untuk meningkatkan intensitas jalan kaki dan membakar lebih banyak kalori, cobalah melangkah di jalur nan berbukit alias sedikit menanjak.

Simak Video "Jalan Kaki Ribuan Langkah Sehari, Sulit Ga sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/naf)