Cara Cek DPT Pemilu 2024 Online di HP Sebelum Nyoblos ke TPS

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Hari ini, 14 Februari, kita bakal merayakan pesta kerakyatan lima tahunan ialah Pemilihan Umum (Pemilu). Masyarakat Indonesia bakal memilih presiden, wakil presiden dan personil Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), personil Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Sebelum pergi ke tempat pemungutan bunyi (TPS), ada baiknya Anda mengecek status daftar pemilih tetap (DPT). DPT adalah daftar nan berisi nama-nama penduduk negara nan memenuhi syarat untuk memberikan bunyi dalam pemilu.

DPT menjadi referensi apakah seseorang berkuasa untuk memberikan suaranya saat pemilu di TPS Pemilu 2024. Untuk mengecek status DPT tidak perlu repot-repot mendatangi instansi KPU, kelurahan, alias kecamatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kamu bisa melakukannya secara online melalui HP. Langkah-langkahnya bisa Anda ikuti di bawah ini:

Cara Cek DPT Online Pemilu 2024 di HP

Berikut langkah cek DPT online Pemilu 2024 pakai HP:

  • Siapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) alias nomor paspor bagi Pemilih Luar Negeri
  • Buka aplikasi browser di HP
  • Masukan alamat laman berikut: https://cekdptonline.kpu.go.id
  • Akan muncul tampilan "Pencarian Data Pemilih Pemilu 2024", nan didasarkan pada info hasil penetapan DPT oleh KPU Kabupaten/Kota.
  • Isikan NIK alias nomor paspor bagi pemilih luar negeri, lampau klik tombol "Pencarian".
  • Jika Anda telah terdaftar sebagai DPT, maka bakal muncul info nama lengkap, nomor DPT, alamat TPS, dan jenis pemilu nan diikuti. Jika Anda belum terdaftar, maka bakal muncul keterangan "Data tidak ditemukan".
  • Kalau menemukan kesalahan alias ketidaksesuaian data, Anda bisa menghubungi KPU setempat alias mengusulkan permohonan perbaikan info melalui laman lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

Jika Tidak Terdaftar di DPT Pemilu 2024

Jika seseorang tidak terdaftar di DPT, dia tetap dapat menggunakan kewenangan pilih dengan kategori Daftar Pemilih Khusus (DPK). Caranya dengan menunjukkan KTP-el alias e-KTP pada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS sesuai alamat identitas saat pemungutan bunyi berlangsung.

Jika tidak terdaftar di DPT tetapi memenuhi syarat sebagai pemilih, maka detikers hanya dapat mencoblos 1 jam sebelum pemungutan bunyi di TPS berhujung alias pukul 12.00-13.00 WIB. Lebih lanjut, pemilih kategori DPK hanya dapat mencoblos jika surat bunyi tetap tersedia.

Simak Video "KPU RI: Pemilih Non DPT Tetap Bisa Milih di TPS Sesuai Alamat KTP"
[Gambas:Video 20detik]

(afr/afr)