Ciri-ciri Kolesterol di Usia Muda yang Wajib Diwaspadai, Termasuk Gampang Capek

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Kolesterol tinggi adalah salah satu aspek nan dapat meningkatkan akibat beragam penyakit nan berujung fatal. Beberapa penyakit nan bisa muncul seperti darah tinggi, penyempitan pembuluh darah, penyakit ginjal, stroke, hingga serangan jantung.

Banyak orang berpikir kondisi ini hanya terjadi pada golongan usia lanjut. Nyatanya, orang-orang muda alias dewasa muda juga berisiko mengalami kolesterol tinggi.

Dikutip dari Healthline, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan orang berumur 20 tahun ke atas untuk rutin mengecek kadar kolesterol. Terutama untuk orang-orang dengan aspek risiko, seperti obesitas dan punya riwayat dalam family untuk lebih rutin melakukan pemeriksaan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penyebab Kolesterol Tinggi di Usia Muda

Terkadang, mempunyai kolesterol tinggi di usia muda adalah aspek genetik. Hiperkolesterolemia familial (FH) adalah suatu kondisi bawaan nan menyebabkan tubuh mendaur ulang kolesterol LDL alias kolesterol jahat dari darah secara tidak normal.

Selain itu, ada beberapa aspek kesehatan dan style hidup nan berkedudukan menyebabkan kolesterol tinggi, seperti:

  • Merokok
  • Obat-obatan tertentu
  • Kurang gerak
  • Pola makan tinggi lemak jenuh, natrium, dan gula tambahan (dan rendah serat)

Ciri-ciri Kolesterol di Usia Muda

Pada dasarnya kolesterol tinggi di dalam tubuh umumnya tak menimbulkan indikasi nan signifikan. Namun, penumpukan plak di beberapa bagian tubuh tertentu akibat kolesterol, bisa menimbulkan keluhan kesehatan nan menjadi ciri-ciri kolesterol tinggi. Berikut ciri-cirinya nan perlu diwaspadai.

1. Nyeri Dada

Arteri nan tersumbat menyebabkan darah tidak bisa mengalir dengan sempurna ke jantung. Akibatnya, penerimaan oksigen bakal berkurang dan keahlian organ vital lain menurun.

Orang dengan kondisi ini kudu selalu waspada, lantaran merupakan salah satu indikasi dari serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

2. Kelelahan

Ciri-ciri kolesterol di usia muda selanjutnya adalah kelelahan. Orang dengan kolesterol tinggi bakal sigap merasa capek dan mengantuk, meski tidak melakukan aktivitas berat.

Hal ini disebabkan penumpukan trigliserida alias lemak dalam tubuh dan penurunan kadar oksigen akibat sumbatan aliran darah ke otak.

3. Pusing dan Sakit Kepala

Pusing dan sakit kepala kerap dikeluhkan sebagai ciri-ciri kolesterol di usia muda. Ini disebabkan adanya penumpukan plak nan tidak segera diatasi, nan bakal menjalar ke pembuluh darah otak.

Ini juga menjadi salah satu argumen beberapa orang usia muda dilaporkan sering menderita stroke.

4. Nyeri Otot

Ciri-ciri kolesterol di usia muda lainnya adalah nyeri otot. Orang dengan kolesterol tinggi bakal mengeluhkan nyeri otot dan mudah pegal.

Biasanya, kondisi ini banyak dialami di bagian kaki. Seseorang bakal mengalami kesemutan alias mungkin lenyap keseimbangan.

5. Berat Badan Naik

Lemak nan tertimbun di dalam tubuh membikin berat badan naik. Secara tidak sadar, orang itu berkesempatan mengalami obesitas dan glukosuria lantaran gula darah nan tidak terkontrol.

6. Sesak napas

Plak nan bersarang di pembuluh darah bisa meningkatkan akibat penyakit jantung. Sesak napas menjadi tanda awal kemunculan gangguan kardiovaskular, seperti serangan jantung, penyakit arteri perifer, hingga kandas jantung.

7. Impotensi

Kondisi ini hanya bisa terjadi pada pria, lantaran penumpukan plak mempengaruhi aliran darah ke penis. Kondisi ini menciptakan gangguan ereksi, sehingga mempengaruhi antusiasme seksual.

Jika ciri-ciri kolesterol di usia muda ini sudah didiagnosis, coba lakukan style hidup sehat untuk meredakannya. Selain itu, periksakan diri ke master untuk mendapatkan obat golongan statin untuk membantu mengontrol kolesterol.

Simak Video "Mitos alias Fakta: Banyak Makan Kuning Telur Bikin Kolesterol Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/suc)