Dipasangi Rudal Baru, Ini Spesifikasi Korvet Fatahillah-class TNI-AL

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Beberapa waktu lalu, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto meminta PT PAL untuk melakukan beberapa program modernisasi terhadap beberapa kapal perang milik TNI-AL nan mulai menua. Salah satunya adalah korvet Fatahillah-class.

Melansir dari laman PT PAL (pal.co.id), kapal korvet nan menjadi alutsista milik TNI-AL sejak era 80-an tersebut memag masuk menjadi salah satu dari 41 unit kapal nan bakal dimodernisasi berjenjang oleh PT PAL.

Salah satu program modernisasi nan direncanakan adalah dengan memasang kembali rudal anti-kapal di korvet Fatahillah-class nan sebelumnya telah lenyap masa pakainya. Melansir dari laman indomiliter.com, rudal anti-kapal asal Turki, Atmaca direncanakan bakal dipasang pada 3 unit korvet Fatahillah-class milik TNI-AL mulai tahun 2024 ini.

Korvet Buatan Belanda dari Era 1980-an

KRI Malahayati, Kapal Kedua dari Fatahillah-class corvette. (pal.co.id)KRI Malahayati, Kapal Kedua dari Fatahillah-class corvette. (pal.co.id)

Pada tahun 1970-an, TNI-AL mulai melakukan pengadaan terhadap kapal korvet baru guna menggantikan kapal korvet Albatross-class nan mulai beraksi sejak dasawarsa 1950-an.

Melansir dari laman indomiliter.com, kala itu galangan kapal asal Belanda, Wilton-Fijenoord dipilih untuk membangun 3 unit kapal korvet baru nan kelak bakal dinamai Fatahillah-class nan sesuai dengan kapal pertama dari kelas ini, ialah KRI Fatahillah 361.

Kapal ini mulai dibangun dan diuji coba secara berjenjang pada tahun 1977-1980 dan mulai diserahkan kepada TNI-AL pada awal dasawarsa 1980-an. Tiga unit kapal ini diberi nama KRI Fatahillah 361, KRI Malahayati 362 dan KRI Nala 363.

Ketiganya sekarang masuk ke dalam jejeran kapal korvet tempur milik TNI-AL kendati sudah berumur lebih dari 40 tahun.

Dipersenjatai Rudal Anti Kapal Buatan Prancis

Penembakan Rudal Anti Kapal dari Korvet Fatahillah-class. (tni-al.mil.id)Penembakan Rudal Anti Kapal dari Korvet Fatahillah-class. (tni-al.mil.id)

Sebelum bakal dipersenjatai rudal anti kapal Atmaca buatan Turki, korvet Fatahilla-class sejatinya dipersenjatai 4 tabung peluncur rudal Exocet MM38 buatan Prancis hingga awal dasawarsa 2000-an.

Rudal tersebut mempunyai jarak jelajah hingga 45 km dan dibekali hulu ledak seberat 160 kg dengan kecepatan 0,9 mach alias sekitar 1.100 km/jam. Selain itu, kapal ini juga dipersenjatai 1 unit meriam otomatis 120 mm alias 40 mm.

Terpasang pula 2-3 unit meriam otomatis 20 mm dan juga sistem peluncur torpedo kaliber 533 mm di kapal korvet kelas tersebut. Adapula 1 unit peluncur roket anti kapal selam kaliber 375 mm untuk mendukung peran anti kapal selam.

Kapal nan diawaki sekitar 90 awak ini bisa mencapai kecepatan maksimal hingga 56 km/jam dan mempunyai jarak jelajah hingga 7.800 km. Kapal ini juga bisa membawa 1 unit helikopter serbaguna berukuran sedang.