Dirty Vote Ungkap Dugaan Kecurangan Pemilu 2024, Ini Kata Gibran Rakabuming

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka buka bunyi soal movie dokumenter Dirty Vote nan mengungkap dugaan kecurangan pemilu 2024.

Anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku belum menonton movie dokumenter garapan sutradara Dandhy Dwi Laksono itu.

"Saya belum nonton. Makasih ya masukannya," kata cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, seperti dilihat dari akun TikTok @dekade_08, dikutip penulis pada Selasa (13/2/2024).

Terkait tuduhan kecurangan nan banyak mengarah ke kubu 02, Gibran meminta pihak-pihak nan merasa dirugikan untuk melaporkan ke pihak terkait.

"Kalau ada kecurangan, silakan kelak dibuktikan, dilaporkan," kata Wali Kota Solo itu menambahkan.

Film Dirty Vote

Sebagaimana diketahui bersama, movie dokumenter Dirty Vote menjadi viral diperbincangkan masyarakat di jagat media sosial. Film ini membahas mengenai dugaan kecurangan pemilu 2024.

Tayang di YouTube Dirty Vote sejak Minggu (11/2/2024) lalu, penayangan movie ini apalagi sekarang sudah mencapai 7 juta views.

Dalam movie nan berdurasi nyaris 2 jam tersebut, menampilkan tiga mahir norma tata negara ialah Zainal Arifin Mochtar, Bivitri Susanti, dan Feri Amsari nan memberikan pemaparan.

Dalam movie ini dipaparkan mengenai penunjukkan penjabat (pj) kepala daerah, kasus Mahkamah Konstitusi (MK), pemekaran provinsi di Papua, para menteri nan diduga melakukan kampanye terselubung demi pemenangan paslon tertentu, hingga dugaan politisasi support sosial (bansos).

Pilpres 2024

Kontestasi Pilpres 2024 ini mempertemukan tiga pasang capres-cawapres terdiri dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, PKS, dan PKB. Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat. Sementara Ganjar-Mahfud diusung oleh PDIP dan PPP.

Elektabilitas Ketiga Paslon Versi Indikator Politik Indonesia

Prabowo-Gibran berada di posisi teratas elektabilitas tertinggi capres-cawapres dengan nomor 51,8 persen, diikuti Anies-Muhaimin 24,1 persen, dan Ganjar-Mahfud MD dengan 19,6 persen.

Hal ini seperti hasil survei nan dilaksanakan oleh Indikator Politik Indonesia pada 28 Januari-4 Februari 2024, seperti dilihat di akun Twitter resmi INDIKATOR @indikatorcoid.

Berdasarkan hasil survei tersebut, pasangan Prabowo-Gibran menunjukkan terus menguat, Anies-Muhaimin stagnan, sedangkan Ganjar-Mahfud nan terus menurun.

Cek buletin dan tulisan lainnya di GOOGLE NEWS