Drama Korea Khitan War Tuai Protes, Dianggap Melenceng dari Sejarah

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Drama sejarah tentunya mempunyai tantangan tersendiri saat digarap, baik oleh para penulis, sutradara, hingga para pemainnya. Sedikit saja ada ketidakcocokan antara alur drama dengan sejarah nan ada, protes bakal berdatangan dari para penonton nan memang mengetahui sejarah nan sesungguhnya. 

Seperti nan dialami oleh drama Korea nan mengambil latar sejarah, ialah Korea Khitan War. Dikutip dari unggahan akun IG @kdramanews.id pada Sabtu, 27 Januari 2024 kemarin, drama ini menuai protes keras dari beragam penonton lantaran alurnya dianggap menyimpang dari sejarah.

Pada hari Jumat, 26 Januari 2024 kemarin, sebagian penonton drama ini mengirimkan truk protes ke depan gedung KBS di Yeouido, Yeongdeungpo-gu, pada pukul 09.00 KST. Truk protes tersebut berisi beberapa pesan berupa kritikan untuk KBS.

“Distorsi sejarah, pembangunan buruk. Apakah ini drama sejarah? Jangan memanipulasi opini publik dengan argumen ‘karya asli!’. Perang Goryeo dirusak oleh naskah nan tidak memadai,” ujar tulisan nan ada truk protes tersebut.

Penonton drama ini nan mengirimkan truk protes itu mengatakan bahwa drama sejarah memang melibatkan produktivitas dan fiksi, serta kebebasan berkarya untuk mengembangkan jalan cerita, tetapi penyesuaian dan fiksi tidak boleh menyimpang begitu saja dari pengetahuan sejarah universal.

Penonton itu juga mengatakan bahwa drama Korea Khitan War ini telah meremehkan nilai drama sejarah. Drama ini dikatakan telah menggambarkan adegan-adengan nan tidak sesuai dengan nan ada di catatan sejarah era Goryeo nan terdokumentasi dengan baik.

Mereka pun akhirnya mengecam KBS lantaran penulisan naskah dan penyutradaraan nan tidak masuk akal. Drama ini dituduh merusak nilai-nilai drama sejarah nan telah ada. Mereka menekankan agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi di drama lainnya.

Tanggapan Netizen

Para netizen pun ramai memberikan tanggapan mereka nan beragam mengenai kasus ini.

“Seandainya penonton sinetron Indonesia secerdas penonton Korea, pasti bakal maju perfilman dan persinetronan Indonesia,” ujar seorang netizen dengan nama akun @w***. 

“KBS lu gak usah aneh-aneh ya, lu tuh lagi terpuruk jangan cari masalah baru lagi, drama jika diambil dari sejarah kisah nyata pastinya bakal berisiko,” ujar netizen lainnya dengan nama akun @r***.