Gawat, Son Heung-min dan Lee Kang-in Akan Dicoret dari Skuad Korea Selatan

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Beredar buletin mengejutkan dari KFA (PSSI-nya Korea Selatan) berangkaian skandal perkelahian di timnas Korea Selatan. KFA mewacanakan bakal mencoret Son Heung-min dan Lee Kang-in dari skuat Korea Selatan di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kabar ini disampaikan sendiri oleh Mr. Chung Mong-gyu, Presiden Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA) pada 16 Februari 2024 dalam konperensi pers.

“Berdasarkan peraturan nan ada, kami bakal mengeluarkan penalti. Penalti Tindakan indisipliner mungkin berupa pengecualian dari pertandingan nasional tim selama pemusatan latihan pada bulan Maret. Namun saya bakal berbincang dengan pembimbing baru sebelum mengambil keputusan,” kata Mr. Chung Mong-gyu seperti dikutip soha.vn (17/2).

Langkah ini tentu saja menjadi langkah nan tidak nyaman bagi KFA. Bagaimanapun juga, keduanya adalah pilar utama timnas Korea Selatan. Kontribusinya sangat dibutuhkan di tim.

Sebaliknya, jika KFA tidak memberikan hukuman, perihal ini bakal menjadi preseden buruk. Pandangan sebagian pihak bahwa KFA mengistimewakan keduanya bisa saja muncul.

Dalam kasus ini, sebenarnya Son Heung-min adalah korban. Faktanya jari Son terkilir lantaran respom Lee Kang-in. namun di sisi lain, Son lah nan memulai kejadian ini.

Maka mungkin saja langkah KFA bakal menghukum keduanya menjadi langkah nan adil. Kalaupun ada perbedaan, mungkin pada berat hukumannya. Sebab sebagai kapten, Son Heung-min mempunyai kewenangan untuk menegur teman-temannya.

“Banyak pemain nan sudah berbareng hingga 40 hari, ditambah kudu bermain 120 menit berturut-turut menyebabkan mentalitas sensitive, mudah kehilangan kendali,” lanjut Mr. Chung Mong-gyu.

Namun dari kalimat akhir bahwa pihak KFA bakal konsultasi pada pembimbing berangkaian rencana tersebut, menunjukkan tetap ada kemungkinan langkah tersebut tidak dilaksanakan. Sebab gimana pun juga Kualifikasi Piala Dunia 2026 juga menjadi bagian krusial bagi Korea Selatan.

Pertimbangan nan juga bisa diajukan adalah mengenai musuh nan bakal dihadapi. Dalam arena di bulan Maret nanti, Korea Selatan bakal berjumpa Thailand 2 kali, dalam laga kandang dan tandang.

Melihat apa nan dilakukan Thailand dalam Piala Asia 2023 bulan lalu, tampaknya Korea Selatan tetap kudu pasang sinyal kewaspadaan tinggi. Jika penampilan mereka tetap sama dengan saat di Piala Asia 2023, bisa saja Korea Selatan bakal kehilangan kesempatan tampil di Piala Dunia 2026.