'Kalau Kamu Ngaku Tidur di Rumah Pak RT, Nanti Terseret' Posisi Pegi Makin Kuat, 3 Saksi Cabut BAP

Sedang Trending 5 hari yang lalu

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Tiga saksi dalam Kasus Pembunuhan Vina Dewi Arsita alias Vina Cirebon dan Muhammad Rizky Rudian namalain Eky di Cirebon pada 2016, mendatangi Polda Jabar untuk mencabut buletin aktivitas pemeriksaan (BAP) pada 2016.  

Ketiga saksi, Pramudya, Okta, dan Teguh, datang berbareng tim kuasa norma mereka, Selasa (11/6).

Selain mencabut BAP sebelumnya, mereka pun mengaku mau memberikan keterangan baru nan sebenarnya.

"Ingin mengubah BAP nan sebenarnya," ujar Pramudya, didampingi para pengacara di Mapolda Jabar, Selasa (11/6/2024).

Pada BAP sebelumnya, Pramudya mengaku tidak berada di rumah kepala RT, saat peristiwa pembunuhan Vina dan Rizky namalain Eky terjadi.

Padahal, kata dia, saat itu mereka berada di rumah RT berbareng kelima terpidana nan saat ini sudah diadili.

Teguh, salah satu saksi di kasus Vina Cirebon saat diwawancarai Dedi Mulyadi di kanal Youtubenya. Teguh, salah satu saksi di kasus Vina Cirebon saat diwawancarai Dedi Mulyadi di kanal Youtubenya. (youtube@Kang Dedi Mulyadi)

Saat peristiwa terjadi, Pramudya berada di kontrakan berbareng 10 orang kawan lainnya. 

"Bahwa saya di rumah Pak RT, bahwa saya dulu tidur di rumah Pak RT, berbareng Eka, Eko, Hadi, Saka, Supri, Jaya, Kafi, Teguh, Okta, Udin," katanya.

Pramudya mengaku dia terpaksa memberikan keterangan bohong ialah tidak tidur di rumah pak RT, lantaran ditekan oleh penyidik.

Karena takut, dia akhirnya menurut.

Terlebih, saat diperiksa, dia tetap belum dewasa dan diperiksa tanpa pendampingan orang lain.

"Karena dulu ditekan sama pihak penyidik, 'kalau Anda tidur di rumah Pak RT kelak Anda terseret'. Bilangnya begitu," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Okta. Okta mengaku pada hari Vina dan Eky dibunuh, dia dan lima orang lainnya nan sekarang sudah menjadi terpidana kasus Vina tengah berkumpul di rumah Bu Nining, lampau tidur di rumah Ketua RT.

"Waktu kejadian itu lagi kumpul di rumah bu Nining terus pindah ke rumah Hadi terus pindah ke rumah Pak RT, tidur di situ," katanya.