Kenapa di Depok Sering Ada Petir?

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Depok, Jawa Barat, dijuluki sebagai Kota Petir. Sebenarnya, apa nan membikin di Depok sering ada petir? Hal ini terjawab nih, detikers, dalam aktivitas 'Eureka!: Waspada Cuaca Ekstrem', Senin (12/2/2024) malam.

Dijelaskan oleh Dr Erma Yulihastin Pakar Klimatologi Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN, Depok mempunyai suatu perihal menarik dari topografi dan letak geografisnya. Depok ada di pertengahan antara Bogor dan Jakarta, serta dekat dengan gunung, lantaran itu wilayahnya menjadi wilayah transisi.

"Pembentukan awan-awan nan mulanya muncul dari gunung, kita sebutnya adalah orografis, peran dari gunung-gunung nan membikin awan itu terbentuk ini, itu kan larinya ke mana? Ke dataran nan lebih rendah," ujar Dr Erma.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelum ke Jakarta, awan-awan beriringan menuju Depok terlebih dahulu. Karena itu, Depok menjadi area transit dan pertemuan awan. Siklusnya seperti itu dan nyaris terjadi setiap hari.

Petir merupakan proses dari pelepasan listrik nan tidak hanya terjadi dari awan ke Bumi, tapi juga bisa terjadi dari awan ke awan. Sehingga, pertemuan awan juga bisa menghasilkan petir.

"Karena ketemu nih, meeting point-nya di Depok, makanya petirnya ada di situ. Karena pertemuan awan-awan, sebenarnya petir tuh," katanya.

Sama halnya kenapa Bogor menjadi Kota Hujan. Itu dikarenakan Bogor berada di gunung sehingga hujan bisa sering tercurah di sana.

Jadi, itulah kenapa sering ada petir di Depok. Semua dikarenakan Depok menjadi tempat pertemuan awan-awan nan terbentuk di sekitarnya.

Simak Video "Waspada Cuaca Ekstrem"
[Gambas:Video 20detik]

(ask/fay)