Kenapa Selalu Lapar Saat Hujan? Penjelasan Ilmiahnya Ada di Sini

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Sering merasa lapar saat cuaca dingin, mendung, alias hujan? Banyak kok nan mengalami, dan rupanya kecenderungan ini memang bisa dijelaskan secara ilmiah.

Salah satu penjelasan di kembali rasa lapar saat hujan adalah bahwa tubuh memerlukan lebih banyak daya untuk menghangatkan diri di tengah cuaca dingin. Namun demikian, tidak banyak penelitian nan cukup sah untuk mengkonfirmasi adanya pengaruh intake kalori secara keseluruhan.

"Sebenarnya tidak sedingin itu di luar, jadi kita tidak betul-betul butuh ekstra kalori ataupun makanan meski mungkin lagi hujan," kata nutrisionis Susie Burrell, dalam sebuah tulisannya di news.com.au.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemungkinan lain nan bisa menjelaskan rasa lapar saat hujan adalah perubahan hormonal nan terjadi di dalam tubuh. Sebuah penelitian tahun 2019 di jurnal Nutrition and Metabolism menyebut hormon leptin nan memicu rasa lapar mengalami peningkatan pada temperatur rendah.

Lagi-lagi, tidak ada konklusi nan bulat mengenai penjelasan ini. Penelitian lain di jurnal Frontiers in Neuroscience menjelaskan bahwa hormon leptin dan ghrelin memang berfluktuasi. Namun tidak ada bukti kuat bahwa leptin meningkat di musim dingin, dan ghrelin berkurang.

Bri Bell, seorang nutrisionis di Toronto, beranggapan bahwa kemungkinan memang ada sedikit peningkatan kebutuhan daya saat cuaca dingin. Bisa juga, memang terjadi peningkatan suhu tubuh setelah makan.

"Proses makan dan mencerna makanan bisa betul-betul meningkatkan temperatur tubuh kita sedikit, jadi wajar jika tubuh memberi sinyal untuk makan lebih banyak agar tetap hangat," katanya, dikutip dari Eatingwell.

Simak Video "Mitos alias Fakta: Olahraga Tiap Hari Cepat Turunkan Berat Badan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)