Kominfo Sebut X Basmi Bot yang Bikin Keyword Mahfud Hilang di Pencarian

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan bahwa media sosial X -sebelumnya Twitter- sudah melenyapkan akun bot nan bikin keyword 'Mahfud' lenyap di kolom pencarian platform milik Elon Musk tersebut.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan setelah mengetahui ada laporan tersebut, Kominfo langsung menghubungi X.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

X mengungkapkan ada akun bot nan memposting dengan keyword 'Mahfud'. Namun isi dari postingan itu tidak berangkaian dengan isinya, ini nan berakibat hilangnya keyword 'Mahfud' di kolom pencarian.

Berdasarkan info nan disampaikan X ke Kominfo bahwa keyword 'Mahfud' tidak selamanya hilang. Melainkan nan tidak tampak itu kolom pencarian terakhir alias terbaru (the latest).

"Semalam itu ketika dicari kata-kata Mahfud itu di kategori the latest itu nggak muncul. Itu dari tadi malam. Nah, saya tadi pagi baru dapat beritanya. Saya sudah kontak ke X dan X beritahu itu kata kunci Mahfud itu ada nan menggerakan (pakai akun) bot," ujar Semuel kepada awak media di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (26/1/2024).

X menyatakan kepada Kominfo bahwa keyword 'Mahfud' sudah bisa ditemukan lagi oleh pengguna platform. Hal itu bisa dilakukan setelah dibasminya akun bot.

"X beritahu itu kata kunci Mahfud itu ada nan menggerakkan bot, tapi sekarang sudah dibersihkan, ya itu ada spaming lah. Spaming dan terus udah dibersihkan dan per tadi nyaris jam sembilan lah sudah recover, itunya apanya saya nggak tahu," jelasnya.

Simak Video "Pengamat Nilai Capres Pakai Sosmed untuk Kampanye Agar Dianggap Paham Teknologi"
[Gambas:Video 20detik]

(agt/fay)