KPU Kabupaten Kediri adakan doa lintas agama jelang Pilkada 2024

Sedang Trending 5 hari yang lalu

Kediri (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengadakan angan lintas kepercayaan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 nan digelar serentak.

"Kami mengadakan doa lintas kepercayaan ini ada dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghuchu, penganut kepercayaan, dengan angan awal dari angan ini untuk suksesnya pilkada," kata Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi di Kediri, Rabu.

Ia juga menambahkan angan lintas kepercayaan ini turut serta memperkuat tali persaudaraan dan kebersamaan di tengah keberagaman nan menjadikan Kabupaten Kediri adalah contoh nan menjunjung toleransi dengan baik.

Dirinya juga memastikan bahwa seluruh penyelenggara pilkada mulai dari KPU hingga kelak di letak tempat pemungutan bunyi (TPS) saat menjalankan pilkada dapat melaksanakan dengan jujur, transparan, dan penuh integritas sehingga nantinya turut serta menjadikan Kabupaten Kediri lebih baik.

"Semoga di awal ini tahapan kami melangkah dengan lancar sampai didapatkan pemimpin nan terbaik, memberi faedah untuk masyarakat," kata Ninik.

Pihaknya juga meminta agar para pemuka kepercayaan nan datang dalam angan lintas kepercayaan tersebut turut serta memberikan imbauan untuk masyarakatnya agar datang di TPS pada 27 November 2024.

"Kami titip di masing-masing jamaah untuk bisa disampaikan bahwa memilih pemimpin untuk lima tahun ke depan nan terbaik bagi Kabupaten Kediri khususnya dan Jawa Timur pada umumnya," kata dia.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Kediri K.H. Huhammad Makmun Mahfud nan datang dalam aktivitas tersebut mendukung langkah nan dilakukan oleh KPU Kabupaten Kediri ini.

Ia juga berambisi agar penyelenggaraan pilkada berjalan dengan tertib dan kondusif serta membawa faedah untuk umat. "Semoga pilkada berjalan dengan kondusif dan membawa manfaat," katanya.

Kegiatan angan lintas kepercayaan ini digelar di laman KPU Kabupaten Kediri, Selasa (11/6) malam. Acara ini diikuti ratusan jamaah dari beragam lintas agama. Mereka ikut angan berbareng dengan angan penyelenggaraan pilkada berjalan dengan tenteram dan tertib.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 secara serentak nan diselenggarakan di 37 provinsi di Indonesia. Kegiatan pemungutan bunyi itu bakal berjalan pada 27 November 2024.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024