Laporkan Kecurangan Pemilu di KecuranganPemilu.com

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Geliat pesta kerakyatan Pemilu 2024 tentu tidak 100% sempurna. Tetap saja ada potensi kecurangan nan bisa terjadi. Yuk laporkan di sini.

Selain dibekali dengan info nan cukup, masyarakat juga perlu aktif untuk mengawal berjalannya proses pemilu agar menciptakan suasana pemilu nan bersih dari kecurangan. Peran aktif masyarakat jadi modal kerakyatan di Indonesia bisa kuat dan kokoh.

Dalam memberantas kecurangan pada saat pemilu, koalisi masyarakat sipil membikin sebut platform berjulukan kecuranganpemilu.com sebagai medium pengawasan serta memantau Pemilu 2024 agar melangkah jujur.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seperti dilihat detikINET, Selasa (13/2/2024) pada laman resmi kecuranganpemilu.com, mereka menjelaskan kanal ini merupakan sebuah wadah berbareng bagi masyarakat untuk mengawal penyelenggaraan pemilu serentak agar dapat melangkah secara demokratis.

Ketika masuk ke kecuranganpemilu.com, visitor langsung disuguhkan visual peta Indonesia nan di dalamnya terdapat lingkaran nan disertai angka. Itu merupakan hasil laporan kecurangan nan terjadi di masa-masa pemilu ini.

Pengunjung kanal juga bisa memandang kecurangan apa nan telah dilakukan dengan hanya mengklik bulatan tersebut. Per tanggal 13 Februari 2024, dari info nan dihimpun oleh kecuranganpemilu.com, Provinsi Jawa Timur menjadi wilayah nan paling banyak laporan kecurangannya, terdapat 11 kecurangan nan terjadi.

Disusul dengan Provinsi DKI Jakarta dengan delapan laporan kecurangan, dan Provinsi Jawa Tengah berada di posisi ketiga dengan perolehan kejuaraan kecurangan sebanyak enam laporan. Hasil laporan ini tetap mempunyai kemungkinan meningkat saat hari pencoblosan nanti.

Maka dari itu untuk masyarakat nan menemukan kecurangan pada saat pencoblosan nanti, silakan langsung melakukan pelaporan ke kecuranganpemilu.com. Caranya mudah, tinggal masuk ke dalam kanal tersebut lampau daftar dan langsung bisa ajukan pelaporan kecurangan nan terjadi.

Dengan adanya ini jadi langkah serius masyarakat untuk mengantisipasi kecurangan nan terjadi saat pemilu dan mengawal agar melangkah secara jujur juga demokratis.

Sebagai informasi, kecuranganpemilu.com dikelola secara kolektif oleh Yayasan Dewi Keadilan Indonesia, Firma Hukum Themis Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Indonesia Corruption Watch (ICW), Drone Emprit, dan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). Situs ini juga mendapatkan support dari beragam golongan masyarakat sipil lainnya.

Simak Video "Pemilu Makin Dekat, Jokowi Kembali Ingatkan ASN, TNI, Polri Harus Netral"
[Gambas:Video 20detik]

(fay/fay)