Manusia Harus Memiliki Tujuan Hidup dalam Buku 'Sutradarai Diri Sendiri'

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Buku ini mau membujuk pembaca untuk menyelami bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri tetapi kudu berbareng orang lain. Apalagi jika mau sukses, tidak mungkin tanpa support orang lain. Jaringan (networking) merupakan salah satu jalan untuk menuju sukses.

Menjalin hubungan dengan sesama manusia tentu ada tata caranya. Tidak bisa kita hidup semau sendiri tanpa memedulikan emosi orang lain. Mustahil rasanya jika kita mau meraih sukses tapi kita tak bisa menjalin komunikasi nan baik dengan sesama. Sebab, komunikasi selaras adalah termasuk salah satu kunci sukses dalam menjalani hidup.

Kita semua tahu bahwa tidak satu pun manusia hidup di bumi ini nan bisa hidup sendirian. Setiap manusia pasti memerlukan manusia lain untuk bisa hidup dan berkembang. Nah, agar orang-orang lain selalu mau membantu kita, ada satu perihal nan kudu kita miliki sebagai landasannya, ialah kepercayaan diri alias trust (hlm. 11).

Setiap orang nan mau sukses dalam bagian nan ditekuninya, kudu berupaya membangun kepercayaan nan baik dengan orang lain. Jangan sampai kepercayaan orang lain terhadap kita lenyap hanya gara-gara kita tidak amanah, suka menipu dan ingkar janji. Misalnya, ketika sedang berbisnis, jangan sampai kita melakukan hal-hal nan merugikan konsumen seperti melakukan penipuan pada produk jualan kita.

Satu perihal nan tak kalah krusial untuk selalu kita renungi adalah tujuan alias rencana nan mau kita gapai dalam hidup. Ya, setiap orang tentunya kudu mempunyai arah dan tujuan dalam hidup ini. Apa saja perihal nan mau kita gapai, lampau berjuanglah untuk meraihnya dengan ikhtiar alias upaya pantang menyerah. Jangan lupa sertai juga dengan doa.

Belajarlah dengan orang Jepang. Mereka sudah terbiasa ketika melakukan sesuatu bakal merujuk 3 hal: plan, do, see. Pertama-tama mereka bakal membikin perencanaan mengenai hal-hal nan bakal dilakukan (plan). Lalu, mereka laksanakan (do) sembari terus melakukan pemantauan (see). Jika dirasa perlu, mereka bakal me-review. Me-review di sini bukan semata-mata mengubah planning, tapi kudu ditinjau dulu apakah pelaksanaannya sudah baik dan sudah sesuai planning alias belum (hlm. 90).   

Buku ‘Sutradarai Diri Sendiri, Sukses Karena Networking’ karya Yuni Syamsu Dinia dan Abu Aly nan terbit di penerbit Elex Media Komputindo ini menarik disimak lantaran menyajikan banyak hal. Mulai dari keharusan kita untuk berterima kasih atas segala nikmat nan telah kita peroleh, kemudian dalam hidup kudu mempunyai goal (tujuan), menjauhi keterkungkungan (mental block). Lebih dari itu, hidup kudu mempunyai strategi dan strategi dan juga rencana ke depan kudu lebih baik dibanding hari ini.