Mau Hidup Lebih Lama? 7 Olahraga Ini Memberikan 'Bonus Usia' Paling Banyak

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Meski kematian mendadak bisa terjadi saat olahraga, secara umum aktivitas bentuk nan terukur dan terprogram tetap menjadi salah satu resep umur panjang. Dari sekian banyak bagian dan jenis olahraga, ada nan terbukti paling efektif memberikan 'bonus usia' paling panjang.

Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian nan dipublikasikan di jurnal Mayo Clinic Proceeding. Penelitian nan dilakukan oleh The Copenhagen City Heart Study (CCHS) tersebut melibatkan 8.577 partisipan, nan ditelusur riwayatnya selama periode 25 tahun.

Dibandingkan golongan sedentary alias golongan dengan aktivitas bentuk nan minimal, golongan nan melakukan jenis olahraga tertentu mempunyai usia angan hidup nan lebih panjang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Urutan 'bonus usia' berasas jenis olahraga nan dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. tennis: 9,7 tahun
  2. badminton: 6,2 tahun
  3. sepakbola: 4,7 tahun
  4. bersepeda: 3,7 tahun
  5. renang: 3,4 tahun
  6. joging: 3,2 tahun
  7. calisthenics: 3,1 tahun.

Dalam penelitian tersebut, para intelektual memberikan catatan bahwa ada-tidaknya hubungan karena akibat dalam keterkaitan tersebut, tetap belum jelas lantaran penelitian ini hanya berkarakter observatif. Namun nan pasti, beragam bagian olahraga punya kaitan berbeda terhadap peningkatan angan hidup.

Salah satu temuan menarik adalah bahwa olahraga tertentu nan melibatkan hubungan sosial punya kaitan dengan angan hidup nan lebih panjang. Lagi-lagi, temuan ini tetap kudu butuh penjelasan melalui riset nan lebih mendalam.

Simak Video "Mematahkan Mitos Olahraga Malam Tak Baik"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)