Menkes Singgung Pentingnya Atasi Stunting: Anak Pintar Nanti Gajinya Besar

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan stunting dapat menjadi masalah besar untuk generasi masa depan Indonesia. Stunting merupakan kondisi terganggunya pertumbuhan nan diakibatkan kurangnya asupan gizi dalam waktu nan cukup lama.

Penyakit stunting dapat membikin anak menjadi lebih mudah sakit dan mengalami gangguan kecerdasan. Kondisi ini membikin anak menjadi lebih susah belajar dan menurunkan prestasi.

"Anak-anak kita jika anak nggak sehat, nggak pintar, nggak mungkin indonesia bisa menjadi negara maju. Pak Presiden Jokowi mau kita Indonesia emas artinya itu kita menjadi negara maju," ucap Menkes Budi ketika ditemui wartawan dalam peringatan Hari Gizi Nasional 2024 di Jakarta Pusat, Minggu (28/1/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Menkes Budi, kepintaran anak sangat berpengaruh pada gimana 'nasib' negara di masa depan. Oleh lantaran itu, dia meminta orang tua bisa memenuhi asupan gizi anak setiap harinya.

Tidak hanya itu, dia juga mengimbau ibu mengandung bisa mengonsumsi asupan gizi nan cukup untuk bayi nan tetap dikandung. Langkah ini krusial untuk pencegahan stunting lantaran jika anak terlanjur menderita stunting, proses pemulihan anak bakal menjadi jauh lebih sulit.

"Kalau mau sehat dan pandai anak-anaknya nggak boleh kekurangan gizi. Kalau kekurangan gizi pasti nggak bisa pandai begitu besarnya, pasti gajinya kecil, jika gajinya mini pasti nggak bisa jadi negara maju. Semua orang tua pengin anak-anaknya punya duit banyak," sambungnya.

Menkes Budi meminta orang tua untuk memeriksakan anak di posyandu secara rutin. Pengukuran tinggi badan dan berat badan setiap bulan pada anak sangat krusial untuk memandang apakah anak berisiko mengalami stunting.

Jika anak tidak mengalami peningkatan berat badan, dia meminta orang tua segera membawa anak ke master di puskesmas untuk pemeriksaan lebih lanjut. Ia juga meminta kader posyandu tidak lupa untuk menginformasikan perihal tersebut pada orang tua.

"Kalau sudah ada masalah gizi, kudu dikasih makanan berprotein hewani. Makanannya boleh apa saja nan krusial ada protein hewaninya. Bisa telur, ikan, daging nan krusial ada protein hewaninya. Karena protein hewani dan mikronutrien dibutuhkan untuk si balita bisa menumbuhkan otaknya," pungkasnya.

Simak Video "Berkat Aplikasi SIMPATI Angka Stunting Sumedang Turun Drastis"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/up)