Microsoft PHK 1.900 Karyawan Divisi Gaming, Proyek Game Baru Dibatalkan

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Microsoft memangkas 1.900 tenaga kerja di bagian gaming. Sebagian besar tenaga kerja nan terdampak merupakan bagian dari Activision Blizzard, tapi ada sebagian tenaga kerja Xbox dan ZeniMax nan ikut terkena PHK.

PHK kali ini mencakup 8% dari total tenaga kerja di bagian Microsoft Gaming nan berjumlah 22.000 orang. PHK ini juga diumumkan hanya sekitar tiga bulan sejak Microsoft mengakuisisi Activision Blizzard senilai USD 68,7 miliar.

CEO Microsoft Gaming Phil Spencer mengatakan PHK kali ini adalah bagian dari rencana eksekusi nan lebih besar nan bakal mengurangi area nan tumpang tindih setelah akuisisi Activision Blizzard.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Orang-orang nan terdampak langsung dari PHK ini semuanya berkedudukan krusial dalam kesuksesan tim Activision Blizzard, ZeniMax, dan Xbox, dan mereka patut bangga dengan semua nan mereka capai di sini," kata Spencer dalam memo internalnya, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (26/1/2024).

"Kami berterima kasih atas semua kreativitas, semangat, dan dedikasi nan mereka berikan pada game kami, para pemain, dan kolega kami," sambungnya.

Spencer menambahkan tenaga kerja nan terdampak bakal menerima support penuh, termasuk pesangon sesuai patokan norma lokal. Ia mengatakan Microsoft bakal terus berinvestasi untuk mengembangkan upaya dan mendukung strategi gaming mereka ke depannya.

Bersamaan dengan PHK ini, Presiden Blizzard Mike Ybarra dan Chief Design Officer Blizzard Allen Adham juga mangkat dari Blizzard dan Microsoft. Microsoft bakal mengumumkan presiden baru Blizzard pekan depan.

PHK ini juga berakibat pada proyek game survival baru nan sedang dikembangkan oleh Blizzard dan sudah diumumkan dua tahun nan lalu. Game ini dibatalkan dan Microsoft bakal menggeser beberapa tenaga kerja nan mengerjakan proyek itu ke proyek baru Blizzard lainnya nan tetap dalam tahap pengembangan awal.

PHK besar-besaran di Microsoft menyusul kebijakan serupa nan terjadi di Riot Games, Google, Discord, Twitch, Unity, eBay, dan beberapa perusahaan lainnya. Sepanjang bulan Januari, sudah ada 6.000 tenaga kerja di industri video game nan terkena PHK.

Secara keseluruhan, ada lebih dari 21.000 tenaga kerja dari 76 perusahaan teknologi nan dirumahkan sepanjang bulan Januari, menurut info Layoffs.fyi.

Simak Video "Microsoft Sempat Salip Apple Jadi Perusahaan Termahal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/fay)