Mudah Dilakukan, Ini 3 Cara Sederhana Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Nyeri menstruasi alias mensturasi merupakan sebuah kondisi dimana bagian perut hingga sekitar area pinggul wanita mengalami rasa nyeri alias kram lantaran pengaruh dari proses menstruasi rutin. Melansir dari laman halodoc.com, nyeri menstruasi nan mempunyai nama ilmiah dismenore memang tidak selalu terjadi kepada setiap wanita nan sedang mengalami masa siklus menstruasi rutin. Namun, andaikan rasa nyeri tersebut datang, bisa memperkuat selama beberapa menit dan apalagi ada nan bisa memperkuat berhari-hari.

Tentunya, mengalami rasa nyeri saat masa menstruasi bukanlah sesuatu perihal nan nyaman dan tidak mau dialami. Hal ini dikarenakan rasa nyeri tersebut berisiko mengganggu aktivitas harian. Namun, ada beberapa sederhana untuk dapat meredakan rasa nyeri akibat menstruasi tersebut. Berikut 3 langkah sederhana nan bisa dilakukan saat mengalami nyeri menstruasi alias haid.

1. Mengompres Perut Dengan Air Hangat

Salah satu langkah sederhana dan terbilang tradisional untuk meredakan nyeri saat masa menstruasi adalah dengan memberikan kompresan menggunakan air hangat. Melansir dari tulisan berjudul “Dysmenorrhea: Painful Periods”, memberikan kompresan air hangat di sekitar area perut bawah dan rahim dapat meredakan nyeri akibat dari proses menstruasi.

Suhu air nan hangat bisa merilekskan otot bagian perut dan rahim sehingga membikin nyeri menstruasi menjadi reda. Cara ini bisa dilakuka dengan menggunakan botol kaca alias plastic nan diisi dengan air hangat. Bisa pula dilakukan dengan menggunakan washlap nan telah dibasahi air hangat.

2. Kurangi Makanan Tinggi Lemak, Soda dan Garam

Asupan makanan sehari-hari juga dapat mempengaruhi terjadi tidaknya nyeri pada saat menstruasi. Melansir dari tulisan berjudul “What Helps Menstrual Cramp”, makanan nan mengandung soda, lemak tinggi dan garam nan terkonsentrasi dapat memicu perut kembung dan berisiko menyebabkan nyeri pada bagian rahim.

Usahakan banyak mengonsumsi air putih dan buah-buahan guna menambah asupan nutrisi saat proses menstruasi.

3. Mengonsumsi Teh Chamommile

Mengonsumsi teh chamomile juga dapat membantu meredakan nyeri akibat menstruasi pada wanita. Melansir dari tulisan nan terbit dalam jurnal “Iranian Journal of Obstetrics, Gynecology and Infertility”, teh chamomile kaya bakal senyawa Hippurate alami nan dapat melindungi tubuh dari peradangan akibat proses menstruasi.

Senyawa ini bisa mengurangi pembentukan hormon prostaglandin dan mengurangi pengaruh nyeri nan ditimbulkannya.

Nah, itulah beberapa langkah sederhana untuk meredakan nyeri akibat menstruasi. Semoga info ini berfaedah bagi kita semua.

Cek buletin dan tulisan lainnya di GOOGLE NEWS