Musisi Harus Tetap Kreatif Meski Ada AI

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Kecerdasan Buatan (AI) sudah merambah ke bumi seni terutama musik. Menanggapi perihal itu, musisi Eka Gustiwana berambisi bahwa orang-orang di industri ini kudu tetap mempunyai kreatifitas sendiri.

Pernyataan tersebut dia ungkapkan dalam aktivitas Ngobrolin Peristiwa Teknologi dan Informasi (Ngopi) nan mengusung tema 'Open AI Open World' nan diselenggarakan detikINET di Midaz Senayan Golf, Sabtu (27/01/2023).

"Kalau dari saya prinsip mungkin kudu udah ditanamkan juga ke seniman-seniman muda, dimana jika berkarya itu kudu mengutamakan seninya, jika enggak kelak muncul seniman-seniman express nan bikin gambar dengan AI lampau mengaku itu karyanya dia," jelas Eka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Walau begitu, menurut Eka musisi juga kudu tetap melek terhadap teknologi khususnya AI. Dirinya mencontohkan bahwa seseorang nan mendalami instrumen musik, khususnya di bumi akademis juga kudu mempelajari teknologi guna lebih memahami industri musik di masa mendatang.

"Musisi alias seniman melek digital itu udah wajib, saya pernah dulu dateng ke orkestra anak-anak lampau mereka nanya apa nan kudu dilatih agar masa depan musik semakin cerah, sekarang jika hanya melatih skill musik biasa kita bakal kalah dengan AI. Kalau kuliah majornya perangkat musik, minornya kudu teknologi, jadi mereka belajar industri musik," jelas Eka.

Walau AI sudah merambah ke bumi musik, Eka menjelaskan bahwa terdapat beberapa hasil ciptaannya seperti lirik dan musik nan tetap belum terasa natural. Kendati begitu dia tak memungkiri adanya kemajuan nan sangat sigap di ke depannya.

"Sejauh ini tetap ketahuan jika lirik dibuat AI, musik lebih ketahuan lagi jika dibuat AI, tapi lima tahun ke depan saya bisa tarik omongan saya lantaran perkembangannya sigap banget," ungkapnya.

Saat ini dia juga mengaku sangat tertarik dengan AI dalam aktivitas musiknya. Eka pun ikutan mendalami AI agar tidak dianggap ketinggalan zaman.

"Kalo enggak (mengerti AI) gua dibilang bocah-bocah kalo gua ga update," kata Eka dengan tawa.

Simak Video "Inovasi AI Mendominasi di Pameran Teknologi CES 2024"
[Gambas:Video 20detik]

(hps/afr)