OSIS Wajib Tahu! Kerap Dirazia di Sekolah, Produk-produk Ini Tak Termasuk Kosmetik

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Netizen ramai menyoroti tindakan pengurus OSIS tengah menyita produk skincare para siswa di salah satu SMA Kalimantan Tengah. Salah satu nan terlihat disita adalah sunscreen.

Sejumlah master sudah menekankan penggunaan skincare sebaiknya tidak dilarang lantaran mempunyai segudang faedah untuk kesehatan kulit. Misalnya sunscreen, produk ini dipakai demi melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Pasalnya, paparan keduanya dalam jangka panjang bisa memicu hiperpigmentasi, lesi, sampai fatalnya kanker kulit.

"Jenis-jenis sunscreen nan digunakan bervariasi, bahannya disesuaikan dengan masalah kulit. Penyitaan nan dilakukan itu mungkin, seperti sunscreen, dianggapnya kosmetik, padahal secara umum untuk kesehatan kulit," terang master ahli kulit dr I Gusti Nyoman Darmaputra SpKK, SubspOBK, FINSDV, FAADV, saat dihubungi detikcom Kamis (25/1/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bukan hanya sunscreen, produk-produk berikut kerap disalahartikan sebagai kosmetik, nan faktanya justru untuk perawatan:

1. Facial Wash

dr Darma juga menekankan facial wash sebagai produk skincare nan wajib dipakai. Tujuannya untuk membersihkan kulit dari kotoran dan debu seharian.

Pemakaian rutin facial wash bisa mengangkat sel kulit meninggal nan menumpuk. Penumpukan sel kulit meninggal bisa memicu masalah kulit salah satu wajah terlihat kusam hingga jerawat.

2. Pelembap

Tak kalah krusial dengan facial wash, pelembap nan beredar di pasaran bukan untuk estetik, melainkan perawatan kulit. Barrier alias permukaan kulit wajah perlu dirawat sehingga tidak mudah mengalami proses aging alias penuaan.

3. Lip balm

Lip balm menjadi salah satu produk nan juga kerap dibawa oleh siswa alias remaja. Kegunaannya secara umum sebetulnya untuk melembapkan bibir agar tidak kering dan pecah-pecah sehingga termasuk produk skincare.

Dalam beberapa produk memang kerap ditemukan penjelasan 'tinted' nan berfaedah untuk menambahkan warna pada bibir. Namun, secara umum termasuk dalam perawatan wajah area mulut.

Simak Video "Kosmetik Ber-SPF Cuma Bonus, Wajah Harus Tetap Pakai Sunscreen"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)