Pelajaran Tekad dari Buku Cerita Anak 'Pippi Gadis Kecil dari Tepi Rel Kereta Api'

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Biasanya, anak-anak punya jawaban nan nyaris sama jika ditanya soal cita-cita. Ada nan mau menjadi pilot, masinis, dokter, alias guru. Berbeda dengan Pippi, tokoh anak buatan Helvy Tiana Rosa. Anak wanita nan sehari-hari tinggal di tepi rel kereta api ini, punya cita-cita menjadi pengarang cerita.

Sejak kecil, dia sering dibacakan dongeng oleh ibunya. Setelah bisa membaca, ibunya kerap membawakan buku cerita. Pippi tumbuh besar dalam 'asuhan' cerita. Dia bisa bahagia, sedih, bersimpati, apalagi geram lantaran isi cerita.

Itulah karena kenapa Pippi mau menjadi pengarang cerita.

Untuk menjadi pengarang cerita, Pippi butuh banyak membaca. Sayang, orang tuanya tergolong kalangan kurang mampu. Ayahnya bekerja sebagai pemain musik di kafe-kafe. Ibunya menjajakan seprai titipan, ke mana-mana, naik-turun bus alias pikulan kota. 

Setiap Ibu membawakan kitab untuk Pippi dan adiknya-adiknya, kerap kali hanya kitab pinjaman alias bekas. Pippi kurang puas, karenanya. Dia mendatangi tempat persewaan buku. Tapi, sering diusir oleh penjaga, lantaran nyaris memandangi dan membuka-buka kitab tanpa bisa meminjam. Sebabnya, apalagi jika bukan ketiadaan uang.

Pergi ke toko kitab pun sama. Pippi kerap diusir pergi. Dia dianggap mengganggu lantaran hanya berlama-lama memandangi buku-buku nan dijajakan. Tapi tidak membeli.

Walaupun nelangsa, Pippi tidak berputus asa. Dia berbicara pada adik-adiknya, jika suatu saat, kitab karyanya bakal dipajang dan dijual di toko buku. Dia juga berkata, di masa depan, mereka bakal punya perpustakaan cuma-cuma untuk anak-anak tidak mampu. Biar anak-anak tidak mampu, bisa membaca kitab sebanyak-banyaknya. Gratis!

Pippi juga mulai menulis cerita. Dia mengirimkan tulisannya ke majalah alias surat kabar nan alamatnya diperoleh dari media massa jejak bawaan Ibu.

Setelah mengirim banyak tulisan, tidak ada satu pun tulisan Pippi nan dimuat. Dia terus mencari langkah agar tulisannya bisa muncul dan dibaca banyak orang.

Pippi juga suka menyanyi dan menciptakan lagu. Dia membikin lagu sendiri dan mengamen untuk memperkenalkan lagu buatannya, ke mana-mana.

Buku cerita anak bergambar ini mengisahkan tentang renjana dan perjuangan mewujudkannya. Dari sosok Pippi, kita belajar makna kegigihan, semangat pantang menyerah, dan terus mencoba kendati kandas berulang kali.

Pippi Gadis Kecil dari Rel Kereta Api adalah referensi menarik dan menginspirasi untuk anak. Buku ini, menggunakan pilihan kata berima, membuatnya menjadi semakin menarik untuk dibaca.

Cek buletin dan tulisan lainnya di GOOGLE NEWS