Penting! Begini Tips Perawatan Gigi Dibehel Menurut Dokter

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Behel alias kerap disebut kawat gigi, banyak digunakan masyarakat untuk mempercantik gigi. Alat ini berfaedah untuk memperbaiki posisi gigi nan tidak rata, berjarak, alias maju, agar mempunyai corak gigi nan ideal. Caranya dengan memberikan penekanan pada gigi agar bisa bergerak ke posisi sempurna.

Gigi nan dibehel perlu mendapatkan perawatan unik agar kesehatannya tetap terjaga. Ketika memakai behel, gigi terhalangi oleh behel sehingga lebih susah untuk menjangkau area gigi, terutama di sela-selanya. Lantas, gimana merawat gigi saat menggunakan behel?

Spesialis ortodonti, drg Irwin Lesmono, SpOrt, mengatakan salah satu perihal nan perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan gigi, baik menggunakan sikat gigi unik alias dental floss (menggunakan benang khusus). Sebab, jika kebersihan gigi tak dijaga saat menggunakan behel, ini bisa memicu gigi kotor, berlubang, hingga sariawan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jaga kebersihan, sudah pasti," ucapnya saat ditemui di Jakarta Selatan, Kamis (25/1/2024).

Tak hanya itu, drg Irwin menyebut krusial juga untuk rutin periksa ke master gigi selama behel terpasang. Ia merekomendasikan untuk mengontrol gigi minimal sebulan sekali, alias 8 hingga 10 minggu sekali.

Selain untuk mengecek kondisi gigi, kontrol rutin berfaedah untuk mengganti kawat dan karet behel secara berkala agar tetap higienis.

"Disiplin ikuti petunjuk dokter, kontrol rutin. Kalau kontrolnya jarang, lama perawatannya makin panjang," imbuhnya lagi.

Simak Video "Apa Perbedaan Aligner Gigi dan Behel?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)