Pesan Menkes di Hari Gizi Nasional, Bawa ke Dokter Jika Anak Mengalami Ini!

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Masalah stunting saat ini tetap menjadi perhatian banyak pihak. Berdasarkan info Kementerian Kesehatan RI, prevalensi stunting di Indonesia pada tahun 2022 berada di nomor 21,6 persen.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa persoalan stunting kudu diselesaikan dengan kerjasama beragam pihak, mulai dari pemerintah, tenaga kesehatan, hingga masyarakat umum. Menkes Budi menuturkan bahwa orang tua kudu melakukan penimbangan berat badan dan tinggi badan anak secara rutin.

Hal tersebut perlu dilakukan setiap bulan untuk memantau perkembangan anak dan memandang akibat beragam penyakit nan mungkin diidap oleh anak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau misalnya ditimbang berat badannya tidak naik, bayinya kudu dirujuk ke puskesmas dulu, ketemu dokternya dicek ada penyakitnya apa enggak. Ini juga pesan untuk kader posyandu," ucap Menkes Budi ketika ditemui detikcom di sela puncak peringatan Hari Gizi Nasional 2024 di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (28/1/2024).

Menkes Budi mengatakan proses rujukan ini nan kerap dilupakan kader dan juga orang tua. Oleh lantaran itu, dia meminta masyarakat 'mencatat' pesan tersebut.

"Selain itu, nan lain juga jika ngasih makan jangan lupa yaa protein hewaninya, lantaran butuh protein, nutrien, dan butuh segala macem lah agar bener-bener bisa diserap. Bisa telur, bisa ayam, ikan, daging," tambahnya.

Menkes Budi menuturkan bahwa stunting bisa menjadi masalah nan besar untuk masa depan Indonesia. Kondisi stunting nan tidak mendapatkan penanganan tepat dapat berpengaruh pada kepintaran anak nantinya saat dewasa.

Oleh lantaran itu, pencegahan dan penanganan stunting menurutnya kudu selalu digencarkan. Terlebih kasus stunting di Indonesia tetap tergolong tinggi.

"Nggak mungkin jadi negara maju jika orangnya nggak sehat dan nggak pintar. Kalau mau sehat dan pandai anak-anaknya nggak boleh kekurangan gizi," pungkasnya.

Simak Video "Berkat Aplikasi SIMPATI Angka Stunting Sumedang Turun Drastis"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/up)