Piala Asia 2023: Masuki Babak 8 Besar, Hanya Ada Satu Kejutan di Gelaran!

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Turnamen antar negara level tertinggi di Benua Asia, AFC Asian Cup 2023 sekarang telah memasuki babak 8 besar. Seiring dengan usainya babak 16 besar, delapan tim terbaik akhirnya terkonfirmasi untuk kembali berkompetisi di babak perempat final gelaran jenis kali ini.

Menyadur laman resmi AFC, delapan negara nan telah memastikan diri adalah Tajikistan, Yordania, Australia, Korea Selatan, Iran, Jepang, Uzbekistan dan tuan rumah Qatar.

Jika menilik delapan negara nan ada di babak perempat final ini, tentu saja relatif tak ada kejutan besar, selain masuknya Tajikistan. Selain Tajikistan, ketujuh negara lainnya tercatat pernah mencicipi prestasi nan mentereng di sejarah gelaran Piala Asia.

Jepang, Qatar, Korea Selatan, Australia, dan Iran, tercatat pernah menjadi kampiun gelaran. Sementara Yordania, tercatat pernah menjadi perempatfinalis pada jenis 2004 dan 2011, dan Uzbekistan pernah menduduki empat besar turnamen pada jenis 2011 lalu.

Dengan demikian, maka dapat dipastikan bahwa nyaris tak ada kejutan berfaedah nan terjadi di babak delapan besar ini selain lolosnya Tajikistan nan membikin rentetan sejarah di turnamen.

Sekadar informasi, Tajikistan terjun ke putaran final Piala Asia 2023 ini dengan status sebagai tim debutan. Dengan demikian, maka negara nan berada di area Asia Tengah ini sama sekali belum pernah mencicipi ketatnya atmosfer persaingan antar negara di level tertinggi benua Asia tersebut.

Maka tak mengherankan jika pada akhirnya, munculnya nama Tajikistan di babak delapan besar, merupakan sebuah kejutan terbesar di turnamen Piala Asia kali ini.

Terlebih, di babak perempat final ini, mereka bakal berhadapan dengan Yordania, nan secara kualitas tidaklah sekuat Jepang, Korea Selatan, Iran, maupun Qatar nan dalam beberapa tahun belakangan ini beralih bentuk menjadi raksasa baru di persepakbolaan benua Asia.

Jadi, meskipun penunggu babak delapan besar kali ini adalah tim-tim nan secara sejarah sudah kenyang pengalaman, namun keberadaan Tajikistan di babak ini menjadi sebuah anomali tersendiri, di mana tim nan berangkat dari status sebagai debutan, justru sukses menumbangkan tim sekelas Uni Emirat Arab meskipun melalui adu tendangan penalti di babak 16 besar lalu.

Jadwal Pertandingan Babak 8 Besar Piala Asia 2023

  1. Tajikistan vs Yordania (2 Februari 2024)
  2. Australia vs Korea Selatan (2 Februari 2024)
  3. Iran vs Jepang (3 Februari 2024)
  4. Qatar vs Uzbekistan (3 Februari 2024)

CEK BERITA DAN ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS