Pilot Ukraina Puji Habis Jet Tempur F-16

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Pilot Ukraina dilaporkan sangat terkesan dengan jet tempur F-16. Seorang pilot nan menggunakan nama panggilan "Phantom" mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Voice of Ukraina tersebut bahwa pilot Ukraina nan berlatih memakai F-16 di AS dan Eropa memuji pesawat tersebut.

"Pilot kami sangat terkesan. Pesawat ini melampaui ekspektasi mereka. Bahkan dengan banyaknya info nan mereka terima selama pelatihan, mereka sudah memandang prospek besar dan potensi besar gimana pesawat ini bakal membantu Angkatan Udara kita," cetusnya.

"Dan Anda dapat membayangkan bahwa ada info nan belum mereka pelajari, belum diberikan kepada mereka, tentang keahlian lain nan mungkin dimiliki pesawat ini," tambahnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun Phantom menambahkan bahwa training pesawat canggih memang menghadirkan tantangan lantaran banyak nan terbiasa menerbangkan Su-27 dan MiG-29 buatan Rusia nan lebih tua.

Sekretaris Pers Pentagon Brigjen Pat Ryder mengumumkan pada bulan Agustus bahwa AS bakal mulai melatih pilot Ukraina mengenai jet F-16 untuk mendukung upaya internasional mengembangkan dan memperkuat pertahanan jangka panjang Ukraina."

AS mulai melatih pilot Ukraina bulan Oktober 2023, sementara Angkatan Udara Kerajaan Inggris memulainya bulan Agustus. Mereka memberikan pilot pelajaran terbang dan bahasa Inggris sebelum golongan pertama memulai training unik F-16 di Denmark bulan Desember.

"Bersama-sama, kita sekarang melangkah lebih jauh dengan memastikan Ukraina mempunyai angkatan udara modern di masa depan, nan dibentuk dengan jet tempur F-16 generasi keempat nan berkekuatan tinggi," kata Menteri Pertahanan Inggris, Grant Shapps.

Sejauh ini, belum jelas kapan Ukraina bisa menggunakan F-16 untuk membantu mereka melawan Rusia. Diketahui, pemerintah Belanda, Denmark dan Norwegia menawarkan sebanyak 60 F-16 ke Ukraina. Demikian seperti dilansir dari Business Insider, Selasa (13/2/2024).

Simak Video "Momen Mencekam Serangan Drone Rusia Hujani Kota-kota di Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fay)