Presiden Joe Biden Mulai Main TikTok, Tapi Bikin Cemas

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Washington -

Jelang pemilu di Amerika Serikat, Presiden Joe Biden membikin akun TikTok. Langkah Biden berasosiasi menjadi pengguna TikTok tersebut merupakan upayanya untuk meningkatkan daya tarik pemilih muda.

Dalam konten pertamanya di akun TikTok pribadi Biden @bidenhq nan diunggah pada Minggu (11/2), dia menulis 'lol hey guys'. Konten tersebut tampak seperti konten this or that dimana Biden diberi pertanyaan dan memilih salah satu jawaban.

Meski resmi milik Biden, akun TikTok tersebut dikelola oleh tim kampanyenya seperti dilansir detikINET dari Associated Press, Selasa (13/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Langkah baru kampanye Biden menjelang Pemilu AS ini justru dikhawatirkan beberapa pihak termasuk Juru Bicara Keamanan Nasional AS, John Kirby. Ia mengkhawatirkan langkah Biden di TikTok tersebut dapat dimanfaatkan sebagai penyalahgunaan info dan info oleh pihak asing. Hal ini lantaran Biden tetap merupakan Presiden AS.

@bidenhq

lol hey guys

♬ Fox nfl theme - Notrandompostsguy

Uniknya, Biden sebelumnya telah menandatangani sebuah undang-undang nan melarang perangkat pemerintah federal AS menggunakan TikTok pada 2022. Gedung Putih menyatakan bahwa larangan ini tetap berlaku.

"Tidak ada nan berubah tentang masalah keamanan nasional, dari perspektif Dewan Keamanan Nasional tentang penggunaan TikTok pada perangkat pemerintah. Kebijakan itu tetap berlaku," ungkap Kirby.

Di AS, FBI dan Federal Communications Commision telah memperingatkan bahwa TikTok nan merupakan aplikasi buatan perusahaan asal China, ByteDance berpotensi berbagi info dengan Pemerintah China.

Selain Kirby, inisiatif baru kampanye Biden ini juga mendapat kekhawatiran dari Ketua Komite Intelijen Senat AS, Mark Warner. Ia sangat prihatin dengan keputusan Biden menjadi pengguna baru TikTok.

Mark justru mengharapkan TikTok tidak lagi bisa eksis di AS. Ia menjadikan India sebagai contoh negara nan sudah melarang TikTok. "Saya pikir kita tetap perlu menemukan langkah untuk mengikuti India, nan telah melarang TikTok," ungkap Mark.

Simak Video "Iring-iringan Pengawal Presiden Joe Biden Ditabrak Mobil!"
[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fay)