Produk ETF Bercakupan Luas Tawarkan Berbagai Peluang Berinvestasi pada Saham-Saham yang Terdaftar di Bursa Efek Tiongkok

Sedang Trending 5 hari yang lalu

Guangzhou, Tiongkok, (ANTARA/PRNewswire)- Menurut info pasar terbaru nan dirilis Bursa Efek Shenzhen, jumlah produk ETF mencapai 379 dengan kapitalisasi pasar total mencapai US$ 83,8 miliar pada akhir April 2024. Pada periode tersebut, volume perdagangan ETF juga mencapai US$ 63,6 miliar. Tiga ETF nan paling sering diperdagangkan (di luar reksa biaya pasar uang) di Bursa Efek Shenzhen adalah  E Fund ChiNext ETF (Kode ETF: 159915), HuaAn ChinaBond 1-5 Year CDB Bond Index ETF, dan Harvest CSI 300 Index ETF. Volume perdagangan masing-masing ketiga ETF ini mencapai US$ 3.548 juta, US$ 2.949 juta, dan US$ 2.787 juta.

Arus modal masuk (net inflow) berbobot besar di bursa pengaruh Tiongkok Daratan, khususnya dalam kelas aset ETF saham, mencerminkan optimisme penanammodal nan kian besar terhadap potensi bursa pengaruh domestik dan prospek pertumbuhan ekonomi Tiongkok. Pada 28 Mei lalu, arus modal masuk nan diperoleh ETF saham di bursa pengaruh Tiongkok Daratan, termasuk Bursa Efek Shanghai dan Shenzhen, mencapai US$ 45,3 miliar, sedangkan nilai arus modal masuk untuk ETF bercakupan luas (broad-based) tercatat lebih dari US$ 47,8 miliar. Tiga di antara ETF bercakupan luas ini adalah CSI 300 index, CSI A50 index, ChiNext index, dan SSE STAR Market 50 index.

E Fund Management ("E Fund"), sebagai pengelola biaya investasi terbesar di Tiongkok, sukses menarik arus modal masuk senilai US$ 13,6 miliar untuk produk ETF bercakupan luas tahun ini. Di sisi lain, E Fund juga aktif mempromosikan produk ETF bercakupan luas dan meluncurkan E Fund CSI A50 ETF dua bulan setelah indeks tersebut dilansir pada Januari lalu. Pendekatan ini mempunyai diferensiasi sebagai strategi alokasi industri nan lebih berimbang dan strategi ESG nan lebih selektif.

Meski indeks CSI 300 dan CSI A50 lebih mewakili saham-saham dengan nilai kapitalisasi pasar nan besar, apalagi nilai kapitalisasi pasar rata-ratanya berkisar US$ 18,5-US $35 miliar, indeks CSI A50 menawarkan kesempatan berinvestasi pada indeks berkapitalisasi masif nan 89% konstituennya mempunyai kapitalisasi pasar di atas RMB 100 miliar (US$ 13,8 miliar).

Beberapa indeks lain nan bercakupan luas, seperti indeks ChiNext dan SSE STAR Market 50, terdiri atas emiten berkapitalisasi pasar menengah hingga besar nan mempunyai potensi pertumbuhan menarik. Indeks ChiNext meliputi 100 saham nan terdaftar pada papan perdagangan ChiNext dengan kapitalisasi pasar rata-rata US$ 6,5 miliar. Sebagian besar emiten ChiNext bergerak di sektor-sektor upaya prioritas, seperti daya baru dan jasa kesehatan. Di sisi lain, indeks SSE STAR Market 50 terdiri atas 50 saham berkapitalisasi besar dan likuid dari STAR Market dengan kapitalisasi pasar rata-rata US$ 6 miliar. Emiten STAR Market sebagian besar bergerak di sektor semikonduktor.

Tentang E Fund

Berdiri pada 2001, E Fund Management Co., Ltd. ("E Fund") adalah pengelola investasi terkemuka dengan layanan terlengkap di Tiongkok. Dana kelolaan E Fund sekarang berbobot hampir RMB 3 triliun (US$ 450 miliar)*. Klien-klien E Fund meliputi penanammodal perseorangan dan institusi, mulai dari bank sentral, pengelola biaya investasi nasional (sovereign wealth fund), pengelola biaya jaring pengaman sosial (social security), pengelola biaya pensiun, perusahaan asuransi dan reasuransi, hingga korporasi dan bank. Berorientasi pada imbal hasil jangka panjang, E Fund telah bergerak dalam upaya pengelolaan investasi sejak pertama kali terbentuk. E Fund juga berpegang pada kelebihan riset mendalam dan periode investasi.

*  Nilai biaya kelolaan (AuM) mencakup anak-anak upaya E Fund. Data nilai tukar mata duit berasal dari PBoC.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024