Tak Mau Ketinggalan, Apple Siapkan AI untuk iPhone

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Dibanding para kompetitornya, Apple saat ini belum merilis produk AI-nya -- nan berjulukan proyek GenAI -- lantaran tak mau merilis produk nan punya masalah.

Salah satu masalah tersebut adalah menjalankan pemrosesan AI lewat cloud, lantaran Apple menginginkan pemrosesan AI tersebut dilakukan secara lokal, namalain diproses lewat neural engine nan ada pada ponsel.

Asumsi ini muncul dari laporan penelitian terbaru Apple pada awal Januari 2024, nan mengusulkan penggunaan flash memory untuk pemrosesan large language model (LLM). Model AI Apple ini kemungkinan bakal berjuntai pada neural engine nan ada di chip terbaru mereka, misalnya M3 dan A17 Pro.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir Financial Times, jika memandang catatan perekrutan pegawai Apple, bermacam pernyataan dari Apple, serta komentar dari analis, tampaknya hasil investasi besar Apple dalam generative AI bakal terlihat pada 2024 ini.

Produk Apple nan bakal datang kemungkinan adalah sebuah generative AI nan dijalankan dan diproses secara internal, bukan lewat Cloud, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Jumat (26/1/2024).

Sejauh ini Apple memang terlihat berhati-hati dan condong menghindari corak generative AI seperti chatbot ataupun image generator seperti nan dibuat OpenAI, Microsoft, Google, dan Adobe.

Namun bukan berfaedah mereka menghindari sektor ini, lantaran pada laporan nan dipublikasikan September 2023 lalu, Apple terindikasi menghabiskan jutaan dolar tiap harinya untuk sejumlah proyek AI.

Analis Wedbush Security berjulukan Daniel Ives menyebut ada 21 startup AI nan diakuisisi Apple sejak 2017. Sementara laporan Morgan Stanley menghitung ada nyaris separuh lowongan kerja AI Apple nan menyebut deep learning, nan mengindikasikan Apple bakal garang di sektor ini.

Mereka memperkirakan iOS 18 nan bakal dirilis pada WWDC 2024 Juni mendatang bakal berfokus pada AI. Misalnya penggunaan LLM -- nan secara internal dinamai Ajax GPT -- bakal menjadi otak di kembali asisten virtual Siri nan baru.

Simak Video "Kejar Ketertinggalan di Bidang AI, Apple Gelontorkan Rp 15,8 T per Tahun"
[Gambas:Video 20detik]

(asj/fay)