Tenang Aja, Otak Manusia Tak Bisa Digantikan AI

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Eka Gustiwana, musisi kondang Tanah Air, menyampaikan jika saat ini kecerdasan buatan (AI) belum bisa mengalahkan otak manusia. Setidaknya hingga lima tahun ke depan menurutnya.

"Tapi lima tahun ke depan mungkin saya bakal tarik omongan saya ya, lantaran bisa berubah. Bisa AI nan lebih maju dan segala macem. kita nggak tau ini sigap banget. Jadi jika sekarang saya bilang memang belum bisa mengalahkan otak manusia," kata Eka.

Hal itu disampaikannya saat berbincang santuy soal AI di aktivitas detikINET, ialah ngobrol seputar teknologi dan info (Ngopi). Keseruannya diselenggarakan di Midaz Senayan Golf, Sabtu (27/1/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain Eka, ada pula penggiat AI lainnya nan sudah lama berkecimpung dengan teknologi ini. Orang dimaksud adalah Irza Raditya, CEO Kata.ai.

Kembali lagi ke soal pernyataan Eka, nan menurutnya manusia sekarang tetap unggul dari AI. Dari apa nan dikatakannya, kehadiran teknologi ini jika bisa gunakan sebatas perangkat saja.

Jadi sebisa mungkin fungsinya hanya untuk mempercepat proses kerja. Kata Eka, jangan sampai aktivitas imajinatif dalam pengerjaannya diambil alih.

"Tapi prinsip sebagai seniman, bicara saya aja, saya nggak pernah melibas karya nan saya buat nan 90 persen dibuat AI. Sejauh ini tetap kedengeran, lirik dibuat AI tetap ketahuan, musik lebih parah lagi, musik dibuat AI tetap ketahuan," ujar Eka.

Dirinya pun menegaskan, sebagai seorang seniman kudu menanamkan ke dalam dirinya, bahwa otak manusia tetap tidak bisa digantikan AI.

"Itu prinsip nan kudu ditanamkan," tegasnya.

Tapi tak lupa dirinya tetap mengingatkan, bahwa musisi kudu melek digital dan itu wajib. Namun tetap tidak melupakan bahwa para penggiat industri musik kudu tetap kreatif.

"Kalau dari saya prinsip mungkin kudu udah ditanamkan juga ke seniman-seniman muda, dimana jika berkarya itu kudu ngutamain seninya, jika enggak kelak muncul seniman-seniman express nan bikin gambar dengan AI lampau ngakuin itu karyanya dia," jelas Eka.

Simak Video "Inovasi AI Mendominasi di Pameran Teknologi CES 2024"
[Gambas:Video 20detik]

(hps/afr)