Ternyata Ini Arti Mimpi Orang yang Sudah Meninggal dari Sisi Psikologis

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Bagi banyak orang, memimpikan mereka nan sudah meninggal bisa menjadi perihal menakutkan alias malah sebaliknya, menyenangkan. Namun secara umum, master meyakini perihal ini berangkaian dengan langkah seseorang memproses rasa duka.

"Mimpi tentang orang terkasih nan telah meninggal bumi misalnya, bisa menjadi perihal nan lumrah dan merupakan bagian normal dari proses berduka," kata Michelle King, LMFT, terapis pernikahan dan family di California Selatan.

Faktanya, sebuah penelitian menemukan nyaris 60 persen nan kehilangan orang terkasih, kerap memimpikan mereka. Kebanyakan orang melaporkan mimpinya berkarakter positif, tetapi adapula nan meresahkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Psikolog Sigmund Freud berteori bahwa mimpi mencerminkan bentrok bawah sadar seseorang. Mimpi diyakini merupakan langkah melindungi diri dari bentrok tersebut dalam kehidupan nyata.

Namun, jika bermimpi tentang orang meninggal nan dicintai, kemungkinan besar secara psikologis menunjukkan rasa kehilangan dan kerinduan.

"Mimpi semacam ini mungkin melambangkan pengaruh kekal orang tersebut terhadap hidup Anda, potensi masalah nan belum terselesaikan, nan mungkin Anda miliki dengannya, alias emosi kehilangan dan kerinduan Anda nan terus-menerus terhadapnya," kata King.

Hal nan tidak jauh berbeda diutarakan Margaret Pendergrass, LCSW, GC-C, pekerja sosial klinis berlisensi dan konselor duka bersertifikat di Roswell. Dirinya menyebut masuk logika jika emosi duka sering muncul dalam mimpi.

"Kami tetap mencoba memahami kehilangan orang nan dicintai, nan mungkin terasa tidak masuk akal," jelasnya.

"Mimpi kesedihan hanya berfaedah otak kita tetap berupaya memproses apa nan kita alami."

Duka dan Kesembuhan dalam Mimpi

Berduka adalah sebuah proses. Meskipun tidak ada dua perjalanan nan persis sama, kebanyakan orang melalui lima tahap kesedihan, nan pertama kali diidentifikasi oleh psikiater di AS, Elisabeth Kübler-Ross, seperti berikut:

  • Penyangkalan
  • Amarah
  • Tawar-menawar
  • Depresi
  • Penerimaan

Tahapan kesedihan bagi sebagian orang bisa berbeda-beda dan mungkin mencakup tahapan dan emosi lain. Orang juga memerlukan waktu nan berbeda-beda untuk mengatasi kesedihan.

Mengatasi kesedihan mungkin melibatkan berbagi emosi dengan orang lain, termasuk terapis. Ini mungkin melibatkan membikin jurnal, mengambil libur dari pekerjaan untuk beristirahat, memulihkan diri, dan mempraktikkan perawatan diri seperti meditasi.

Mimpi dapat membantu memahami beberapa emosi susah nan mungkin dihadapi dalam proses berduka.

Mimpi kesedihan adalah perihal nan wajar dan tidak dapat dikendalikan, perihal itu biasanya datang tanpa diminta oleh otak dan sering kali merupakan mimpi buruk. Mimpi-mimpi ini menunjukkan gimana otak bekerja untuk menyembuhkan dan memahami pengalaman.

Namun mimpi duka juga bisa menenangkan dan mungkin membantu kita mendapatkan pemahaman baru tentang emosi kita terhadap orang nan kita kehilangan.

"Mimpi ini dapat membantu proses pengobatan dengan membikin Anda merasakan hubungan nyata dengan orang nan hilang," kata King.

Simak Video "Berkaca dari Pemilu 2019, Ini Faktor Ribuan Petugas KPPS 'Tumbang'"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/suc)