TikTok Uji Coba Video 30 Menit, Jadi Makin Mirip YouTube

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

TikTok selama ini dikenal sebagai platform video berdurasi pendek. Tapi, mereka diam-diam mulai menguji coba video berdurasi lebih panjang hingga 30 menit.

Uji coba ini pertama kali ditemukan oleh konsultan media sosial Matt Navarra di aplikasi TikTok untuk iOS jenis beta di Inggris. Navarra mengatakan dia juga mendengar beberapa pengguna TikTok di Android nan sudah memandang fitur baru ini.

Walaupun dikenal sebagai platform video pendek, TikTok perlahan-lahan mulai menambah pemisah maksimum lama video nan dapat diunggah dalam beberapa tahun terakhir.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Awalnya TikTok mengizinkan pengguna mengunggah video berdurasi 15 detik pada tahun 2018. Batas itu kemudian dinaikkan menjadi 60 detik pada tahun 2019, tiga menit pada tahun 2020, lima menit pada tahun 2021, dan 10 menit pada tahun 2022, seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (26/1/2024).

Aplikasi besutan ByteDance ini juga sudah mulai menguji coba video berdurasi 15 menit sejak Oktober 2023. Jadi lama video TikTok nan makin panjang bukan tren nan baru.

TikTok uji coba video 30 menitTikTok uji coba video 30 menit Foto: Screenshot Threads/Matt Navarra

Douyin, aplikasi kerabat TikTok untuk pasar China, juga sudah memperpanjang pemisah video hingga 30 menit pada tahun 2022. Mungkin opsi ini cukup sukses di China sehingga TikTok mau membawanya ke lebih banyak negara.

Perubahan ini membikin TikTok bersaing head-to-head dengan YouTube. Sebelumnya pembuat menggunakan YouTube untuk mengunggah video berdurasi panjang dan TikTok untuk membagikan video berdurasi pendek.

Tapi beberapa tahun terakhir dua platform berbagi video ini semakin tidak bisa dibedakan lantaran lama video di TikTok menjadi lebih panjang, sementara YouTube mengangkat video berdurasi pendek lewat fitur Shorts.

Dengan lama video nan lebih panjang, pembuat di TikTok bisa mendapatkan kesempatan monetisasi nan lebih besar dari iklan. Selain itu opsi ini juga menawarkan jenis konten baru nan tidak tersedia sebelumnya, misalnya bagian serial TV.

Sama seperti fitur eksperimental pada umumnya, belum diketahui kapan TikTok bakal merilis opsi video berdurasi 30 menit untuk semua pengguna. Bagaimana menurut kalian detikers, siap menyambut video 30 menit di TikTok?

Simak Video "Kemendag Beri Waktu Uji Coba Kolaborasi TikTok dan Tokopedia"
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/fay)