Ukraina Siapkan Sejuta Drone untuk Gempur Rusia

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta -

Ukraina akan memproduksi lebih dari satu juta drone tahun ini untuk melawan Rusia. Menteri Transformasi Digital Mykhailo Fedorov membikin prediksi tersebut di saat armada drone semakin krusial perannya di medan laga.

Menurut Fedorov, Ukraina mengirimkan drone 50 kali lebih banyak pada bulan Desember dibandingkan sepanjang tahun 2022. Menurutnya, Ukraina meningkatkan produksi dan pengiriman drone secara signifikan pada tahun 2023.

Inisiatif BRAVE1 nan diprakarsai pemerintah memberi hibah USD 2,5 juta kepada upaya TI militer tahun lampau dan jumlah tersebut diperkirakan bakal meningkat sekitar sepuluh kali lipat pada tahun 2024. "Kami bakal berjuang untuk meningkatkan pembiayaan lebih banyak lagi," katanya, dikutip detikINET dari Insider, Selasa (13/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Fedorov menyatakan bahwa Kyiv telah mencapai kesetaraan tertentu dengan Moskow dalam pengembangan drone jarak jauh.Hal ini krusial lantaran Ukraina berupaya meningkatkan produksi drone domestik untuk mengimbangi berkurangnya support Barat dan melawan pasukan Rusia.

Ukraina telah menggunakan drone untuk menyerang industri minyak dan gas Rusia, meledakkan kendaraan lapis baja, dan merusak Armada Laut Hitam Rusia. Mereka juga berinovasi dengan memproduksi drone baru dengan beragam kemampuan, antara lain drone pengintai, drone laut, dan drone darat.

Sementara itu, Rusia juga telah memperluas produksi dan persenjataan drone dalam negeri, termasuk drone nan mirip dengan drone Shahed Iran. Rusia terus mempunyai kelebihan signifikan dalam jumlah drone dibandingkan Ukraina. Salah satu komandan Ukraina mengatakan bahwa untuk tiap drone Ukraina, Rusia mempunyai lima hingga tujuh drone.

Ukraina dan Rusia menerbangkan begitu banyak drone di angkasa. Adapun drone murah Ukraina menjadi semakin rentan terhadap peralatan jamming dan spoofing nan lebih baik dari Rusia, sehingga memaksa Ukraina untuk terus berinovasi.

Simak Video "Momen Mencekam Serangan Drone Rusia Hujani Kota-kota di Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fay)